Cara Terbaik Mencuci Sayur dan Buah untuk Hindari Bakteri


Pertanianku — Setelah kabar mengenai adanya bakteri E. coli pada selada, Anda memerlukan tips bagaimana cara terbaik mencuci sayuran dan buah agar terhindar dari bakteri merugikan tersebut.

cara terbaik mencuci sayuran dan buah
Foto: Shutterstock

Menurut Linda Harris, Ketua Departemen Peneliti Makanan di University of California, kemungkinan kita untuk menemukan bakteri E.coli pada buah dan sayuran itu sangat jarang. “Risikonya sangat rendah,” katanya seperti dikutip dari laman National Geographic Indonesia.

Namun, Anda harus tetap membersihkannya sebelum mengonsumsi buah dan sayuran itu. “Produk tersebut dijual di tempat terbuka di mana semua orang bisa menyentuhnya, jadi pasti ada kotoran di atasnya,” ujar Linda.

Ketika berbicara tentang menghilangkan kotoran atau apa pun yang bisa membuat Anda sakit, termasuk patogen yang berasal dari jari-jari penjual dan pembeli, maka Anda perlu mewaspadai kemungkinan buruknya.

Bilasan sederhana disertai dengan usapan pada sayur dan buah merupakan cara membersihkan paling efektif. Tentu saja, sarannya berbeda antara satu dan yang lainnya.

“Pada apel yang memiliki permukaan lebih lembut, Anda bisa menggosok sambil membilasnya. Kami telah melakukan beberapa studi terkait ini. Mengeringkannya dengan handuk bersih juga mengurangi mikroorganisme pada buah secara signifikan,” jelas Linda.

Sementara metode ini bekerja untuk apel, pir, dan buah-buahan berkulit lainnya, Linda mengatakan bahwa cara tersebut tidak berlaku untuk buah lunak seperti stroberi.

Untuk makanan lembut ini, ia menyarankan agar sebaiknya pencucian dilakukan tepat sebelum memakannya agar tidak basah dan lembap dalam waktu lama.

Marisa Bunning, profesor di bidang ilmu makanan dan gizi manusia di Colorado State University mengatakan, kelembapan pada buah ataupun sayur bisa memicu perkembangan bakteri.

Baca Juga:  Manfaat Daun Bidara Sangat Luar Biasa, Ini Buktinya
loading...
loading...