Cara Terbaik Penanganan Pascapanen Cabai Jawa


Pertanianku — Apakah Anda membudidayakan cabai jawa? Sudah tahukah Anda bagaimana cara yang paling tepat mengenai penanganan pascapanen cabai jawa yang Anda budidayakan itu?

Pascapanen Cabai Jawa
Foto: Dok. Pertanianku

Cabai jawa populer sebagai bahan dasar obat tradisional. Oleh karena itu, harga cabai jenis ini cukup mahal. Harga jawa bisa sampai Rp30.000 hingga Rp 40.000, dan kemungkinan harga semakin mahal ketika di jual di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Berikut ini beberapa proses penanganan pascapanen cabai jawa.

Panen

Panen cabai jawa dapat dilakukan ketika buah si cabai jawa sudah terlihat matang dengan warna merah muda atau merah tua. Biasanya, bisa dipanen saaat usia 8—11 bulan, tapi tetap tergantung dengan proses perawatan tanaman cabai jawa. Cabai jawa yang sudah siap panen, dipetik secara manual, yaitu menggunakan tangan.

Pengumpulan

Setelah selesai panen, kumpulkan hasil panen pada tempat penampungan menggunakan ember, keranjang, atau bakul. Alangkah lebih baik, jika tempat penampungan dekat dengan lahan pemanenan. Jadi, akan memudahkan pengangkutan dan mengurangi risiko hasil panen rusak.

Sortasi

Pisahkan antara buah yang bagus dan jelek seperti busuk. Selain pemisahan kualitas buah, pisahkan juga hasil panen dengan kotoran-kotoran yang menempel, misalkan daun atau rumput sehingga mengganggu hasil panen.

Pengeringan

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari buah yang semakin hari semakin masak karena adanya aktivitas fitohormon atau hormon tumbuhan pada cabai jawa yang berupa gas etilen. Dengan pengeringan ini, kondisi yang makin hari makin masak dapat dihindari. Jadi, pastikan proses pengeringan ini dilakukan secara rata.

Grading

Ketika buah sudah kering, maka waktunya grading, pemisahan antara buah berdasarkan ukuran atau sesuai dengan permintaan pasar. Dan pastikan lagi sudah tidak ada kotoran atau benda asing yang tersisa. Jangan lupa juga menimbang hasil panen secara random untuk mengetahui berat bersihnya.

Baca Juga:  Tips Memotong Rockwool untuk Media Tanam Hidroponik

Pengepakan

Pengepakan bisa menggunakan plastik dan ditimbang kiloan. Pastikan plastik tesebut masih steril dan kedap udara, serta berilah label mulai dari berat, tanggal pemanenan, jenis, dan ukuran agar memudahkan pengenalan produk. Setelah itu, baru letakkan dalam boks atau karung misalnya. Pengepakan bisa juga disesuaikan dengan permintaan pasar.

Penyimpanan

Simpanlah pada ruangan yang memiliki suhu sesuai, pencahayaan cukup, sirkulasi udara yang lancar, jauh dari jangkauan hewan, serta jangan sampai terkontaminasi benda yang dapat merusak kualitas buah cabai jawa.

Pengiriman

Kirim cabai jawa tersebut saat cuaca sedang baik, tapi jika tidak, pastikan aman dan tidak akan merusak kualitas cabai jawa. Perhatikan penempatan di atas kendaraan, juga jarak atau kondisi jalan yang akan dilalui, jangan sampai cabai jawa tersebut rusak.