Cara Ternak Ayam Arab Petelur untuk Pemula

Pertanianku — Ayam arab merupakan ayam tipe petelur unggul yang memiliki kemampuan bertelur cukup tinggi, yaitu mencapai 190—250 butir per tahun dengan berat telur rata-rata 40 gram. Namun, masih banyak pemula yang belum tahu bagaimana cara ternak ayam arab petelur ini dengan baik dan benar. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

cara ternak ayam arab petelur
Foto: Google Image

Kandang untuk beternak ayam arab

Hal pertama yang penting untuk diketahui pada saat membangun peternakan ayam arab adalah memerhatikan jenis kandang yang dibutuhkan. Beberapa jenis kandang yang harus disiapkan saat membangun peternakan ayam arab antara lain boks indukan, kandang litter, dan kandang baterai.

Loading...

Cara beternak ayam arab petelur

Pertama-pertama, Anda harus melakukan analisis usaha terlebih dahulu. Setelah itu, persiapkan jenis kandang yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa merencanakan jumlah ayam yang akan diternakkan untuk menentukan jumlah kandang yang akan diperlukan. Sebaiknya, jangan dipaksakan memuat anak ayam berlebihan dalam satu kandang. Sebab, pertumbuhannya bisa jadi tidak maksimal.

Pilih jenis pakan ayam yang sesuai. Ini merupakan syarat budidaya ayam arab yang cukup penting supaya anak ayam dapat tumbuh sehat dan optimal. Biasanya, pakan yang digunakan antara lain jagung, bekatul, konsentrat, serta vitamin jika dibutuhkan. Apabila kebutuhan pakan ini terpenuhi, akan membantu pertumbuhan anak ayam yang lebih baik.

Untuk mengetahui apakah ayam cocok dengan kualitas pakan yang diberikan, dapat dilihat dari telur yang dihasilkan. Ayam yang sehat dan kuat akan menghasilkan cangkang kuat dan sehat pula. Karena itu, jika terjadi sebaliknya, bisa jadi ayam kurang cocok dengan pakan yang diberikan.

Proses budidaya ayam arab petelur sebaiknya diperhatikan dengan saksama. Tentukan berapa jumlah telur yang dihasilkan sejak semula. Apabila mencapai 80 persen, proses berjalan dengan baik. Namun jika tidak, sebaiknya lakukan evaluasi di mana terjadi kesalahan dalam budidaya ayam arab yang tengah dilakukan.

Baca Juga:  Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet untuk Mendapatkan Khasiatnya

Lakukan pula pengendalian penyakit ayam arab dengan benar. Umumnya, ayam mudah terserang penyakit tetelo. Bahkan, yang lebih berbahaya risiko terjangkit flu burung. Oleh karena itu, untuk mencegah kerugian besar, sebaiknya selalu perhatikan jenis dan jadwal vaksin ayam yang baik.

Loading...
Loading...