Cara Ternak Kambing Potong Secara Modern dan Menguntungkan


Pertanianku — Anda mungkin salah satu penggemar daging kambing. Tapi, apakah Anda tahu bagaimana cara memeliharanya? Perlu Anda ketahui, ternak kambing potong bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Itu karena permintaan pasar terhadap daging kambing cukup besar dan terus meningkat.

ternak kambing potong
Foto: Shutterstock

Selain itu, beternak kambing potong juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama ataupun penghasilan tambahan. Tahukah Anda? Ternyata ternak kambing juga lebih menguntungkan dibanding ternak sapi. Yuk, intip cara ternak kambing potong secara modern berikut ini.

  1. Persiapan kandang

Untuk membuat kandang kambing yang perlu diperhatikan adalah kandang harus kuat, aman dan nyaman untuk kambing, serta memudahkan Anda dalam perawatan dan pengawasan. Usahakan lokasinya paling tidak berjarak 10 meter dari tempat tinggal. Tujuannya, menghindari bau yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan jumlah kambing.Anda bisa membuat kandang ukuran 1,5×1,5 meter untuk 1 ekor kambing dewasa, dan ukuran tersebut bisa digunakan untuk 2 ekor kambing yang baru disapih, atau 2 ekor kambing anakan beserta induknya.

  1. Pemilihan bibit

Usia kambing yang ideal untuk dijadikan bibit dalam penggemukan adalah 8—12 bulan, mempunyai ukuran badan proposional, garis pinggang dan garis punggung tulang belakang lurus, tidak melengkung ke bawah.

Selain itu, memiliki kaki lurus kokoh dan tumit terlihat tinggi, memiliki bulu yang mengkilap dan mata yang bening, mulut dan hidung tidak berlendir. Bentuk ekor melebar, bukan seperti cambuk serta anusnya bersih (tidak mencret), dan yang terpenting lagi adalah bibit tidak cacat dan tidak berpenyakit.

  1. Pemberian pakan

Pakan adalah hal terpenting dalam beternak kambing untuk menunjang proses penggemukan. Adapun pakan kambing biasanya berupa dedaunan hijau segar seperti rumput, daun lamtoro, daun turi, daun singkong yang memiliki kandungan protein cukup tinggi, serta sayur-sayuran sisa dari pasar.

Baca Juga:  Faktor Penyebab Kerontokan Bulu Domba

Tapi sebelum memberikan dedaunan pada kambing sebaiknya daun dijemur terlebih dahulu, sekitar 1—2 jam di bawah terik matahari. Tujuannya, menetralkan kemungkinan racun berbahaya yang ada pada daun tersebut, karena jika kambing sampai keracunan, kambing bisa sakit bahkan mengalami kematian.

  1. Pemeliharaan kesehatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pencegahan terhadap penyakit yang dapat menyerang kambing. Salah satunya adalah menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya. Mandikan kambing yang terlihat kotor. Tapi, untuk memandikan kambing tidak perlu setiap hari, cukup apabila kambing terlalu kotor oleh kotorannya sendiri.

loading...
loading...