Cara Ternak Marmut Supaya Beranak Pinak


Pertanianku — Marmut adalah salah satu jenis hewan pengerat. Hewan ini digemari banyak orang karena terlihat imut dan menggemaskan. Apakah Anda sedang mencari tahu cara ternak marmut supaya beranak pinak?

Cara Ternak Marmut Supaya Beranak Pinak
Google Image

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memulai ternak marmut ialah karakteristik hewan ini. Mengetahui karakteristik marmut akan memudahkan proses pembudidayaannya. Hewan ini dapat hidup hingga usia sepuluh tahun dengan rata-rata usia 5—7 tahun.

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam beternak marmut adalah kebersihan kandang, pakan, dan perawatan bulu. Tidak lupa, pemilihan bibit marmut juga sangat diperlukan. Pilihlah bibit yang sehat dan terbebas dari penyakit. Hal ini dapat dilihat dari kondisi fisiknya seperti mata, kondisi bulu, dan ukuran tubuh. Sebagai awal, Anda dapat membeli minimal sepasang bibit jantan dan tiga pasang bibit betina.

Tahap persiapan yang harus Anda lakukan meliputi persiapan kandang, persiapan pakan, dan persiapan perlengkapan. Kandang ideal bagi marmut haruslah berukuran besar karena hewan ini termasuk jenis hewan yang aktif bergerak.

Anda harus menyediakan minimal dua jenis kandang yaitu kandang pembibitan dan kandang untuk marmut dewasa. Ukuran minimum kandang sekitar 0,5 × 0,5 meter. Jika ingin meletakkan lebih dari satu marmut dalam satu kandang, maka ukurannya harus ditambah menjadi 0,7 × 0,7 meter.

Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan kandang berupa akuarium atau container plastik. Pastikan juga kandang memiliki ventilasi yang memadai dan tidak membatasi pengelihatan dan juga suara. Kandang yang dianjurkan adalah kandang yang terbuat dari mesh dan lembaran coroplast.

Selain kandang, hal lain yang perlu dipersiapkan ialah perlengkapan. Perlengkapan paling utama, yaitu alas atau bedding yang diletakkan dalam kandang. Anda dapat menggunakan serutan kayu aspen sebagai bedding. Pastikan bedding diganti secara rutin dan teratur untuk menghindari bau dan menjaga kesehatan marmut yang diternakkan.

Baca Juga:  Hama Gurem Jadi Masalah? Cegah Serangannya dengan Cara Ini

Perlengkapan lain yang dibutuhkan, yaitu botol air minum, tempat makanan, rak jerami, kotak kecil tempat berlindung, dan tempat tidur. Anda juga dapat memasukkan perlengkapan permainan ke dalam kandang seperti kincir atau roda.

Marmut dikenal sebagai hewan yang memiliki nafsu makan tinggi. Karena itu, pemberian pakan merupakan salah satu bagian paling penting dalam beternak marmut. Anda dapat memberikan pelet khusus marmut yang banyak tersedia di pasaran. Selain itu, Ada juga dapat memberikan berbagai macam sayuran seperti selada, wortel, peterseli, bayam, dan tomat.

Setelah Anda memenuhi semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam beternak marmut, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah perawatan terutama perawatan bulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memandikan marmut secara teratur dan menggunakan shampoo dengan formula khusus. Selain memandikan, Anda juga harus melakukan perawatan lain seperti memotong kuku dan menyisir bulunya secara berkala.