Cara Tradisional Mengatasi Ternak Kembung

Pertanianku — Kembung sering disebut juga sebagai bloat, yakni kondisi ketika terjadi penumpukan gas yang berlebih di bagian perut kiri ternak sehingga bagian tersebut kelihatan lebih menonjol. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga kematian pada ternak. Oleh karena itu, peternak perlu sigap ketika mendapati ternak kembung agar ternak segera mendapatkan pengobatan.

ternak kembung
foto: Pertanianku

Ternak kembung disebabkan oleh adanya kegagalan ketika pengeluaran gas, salah satu penyebabnya adalah saluran pencernaan yang tertutup. Selain itu, kondisi tersebut sering disebabkan oleh proses pembentukan gas dari makanan yang berada di dalam lambung terlalu cepat, ternak mengonsumsi pakan yang mudah difermentasikan seperti hijauan muda, atau karena ternak mengonsumsi rumput yang masih basah terlalu banyak.

Penyakit ini memiliki gejala atau tanda-tanda seperti ternak gelisah, perut bagian kiri atas menggembung, ternak kesulitan bernapas, perut bagian kiri terlihat kembung, ternak sering menghentakkan kaki, mengais-ngais tanah, mengalami penurunan nafsu makan, pusus nadi meningkat, sering merejan, ketika ditepuk perut terdengar seperti suara gendang, dan terkadang anus terlihat menonjol.

Jika ciri-ciri tersebut sudah ditemukan pada ternak, segera lakukan pengobatan untuk mencegah efek buruk yang lebih parah.

Tindakan penanganan dapat dilakukan dengan mengatur ternak dalam posisi berdiri, menahan mulutnya dengan kayu agar tetap terbuka untuk membantu gas dari dalam tubuhnya keluar, memberikan obat kembung (obat buatan pabrik atau obat tradisional).

Kembung yang dialami oleh domba atau kambing dewasa dapat diatasi dengan 250 ml minyak goreng yang dicampur dengan air, lalu aduk hingga merata. Kemudian ramuan tersebut dicekoki ke ternak.

Cara lain yang dapat dilakukan ialah dengan memberikan air soda yang banyak dijual di warung. Air soda yang digunakan harus mengandung banyak soda. Air soda tersebut dapat dicekoki ke dalam mulut ternak.

Baca Juga:  Tahun Ini Ekspor Komoditas Unggas Mengalami Kenaikan

Setelah obat kembung sudah diberikan, Anda perlu memberi penekanan secara hati-hati pada bagian perut yang kembung agar gas di dalamnya keluar. Kemudian siapkan pelepah pepaya yang dimasukkan ke rektum. Pelepah tersebut dimasukkan melalui anus sampai keluar feses. Pastikan pelepah yang digunakan tidak memiliki sisi yang runcing agar tidak melukai rektum.

Jika cara di atas tidak kunjung berhasil, langkah selanjutnya yang dapat diambil adalah penusukan dengan trocar pada bagian perut yang kembung. Sebelum penusukan dilakukan, Anda perlu memberikan iodine povidone.