Catat! Ini Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan


PertaniankuManfaat daun melinjo ternyata tidak hanya untuk menyedapkan makanan, tapi juga sangat baik untuk ksehatan. Sudah banyak ahli herbal yang memanfaatkan daun melinjo untuk kesehatan, bahkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat daun melinjo
Foto: Google Image

Daun melinjo saat ini dimanfaatkan sebagai obat herbal yang memang mampu untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Ha ini lantaran kandungan yang ada di dalam daun ini hampir sama dengan buah dan bijinya. Kandungan gizi yang terdapat pada daun melinjo di antaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, lemak, protein, fosfor, dan lain-lain. Berikut ini manfaat daun melinjo untuk kesehatan.

  1. Melancarkan buang air kecil

Dalam memanfaatkan daun melinjo untuk mengobati kesulitan buang air kecil bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara. Bisa dengan memakan daun melinjo secara langsung, dengan meminum air rebusan daun melinjo, atau air seduhan daunnya.

  1. Mengobati sakit mata

Sakit mata yang paling sering dialami adalah mata iritasi hingga belekan. Anda bisa meminum air rebusan daun melinjo untuk mengobati mata yang sakit atau bisa juga dengan secara langsung memakan daun yang masih muda.

  1. Mengobati luka infeksi atau gigitan anjing

Gigitan anjing jika dibiarkan bisa menimbulkan infeksi bahkan rabies, dan tidak jarang orang yang terkena gigitan anjing akan mengalami demam tinggi. Anda bisa mengobatinya dengan cara menumbuk daun melinjo hingga benar-benar lembut, lalu menempelkan pada luka bekas gigitan anjing dan bungkus dengan perban.

Ganti obat dari tumbukan daun tersebut minimal 2 kali dalam sehari. Agar semakin cepat sembuh, Anda juga bisa meminum air rebusan daun tersebut.

  1. Mengobati anemia atau busung lapar

Untuk mengobati penyakit ini Anda bisa saja secara langsung memakan daun melinjo, atau anggap saja sebagai lalapan pendamping nasi. Anda juga bisa mencampurnya dengan sayur, atau bisa juga dengan cara meminum air rebusan daun yang masih segar tersebut minimal satu kali dalam sehari.

  1. Melancarkan persalinan
Baca Juga:  Khasiat Minyak Jagung Bisa Turunkan Kolesterol

Tidak jarang wanita yang baru pertama hamil akan kesulitan ketika melahirkan. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan terapi dengan meminum air rebusan daun melinjo setiap harinya ketika usia janin sudah mulai menginjak 8 bulan. Hal ini untuk memperlancar persalinan. Akan tetapi, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai seberapa banyak diperbolehkan meminum air rebusan daun tersebut.