Catat! Manfaat Jagung untuk Penderita Asam Urat


Pertanianku — Jagung adalah makanan pengganti karbohidrat nasi yang lebih menyehatkan untuk penderita diabetes dan penderita asam lambung. Manfaat jagung sangat baik terutama untuk penderita asam urat.

Manfaat jagung
Foto: Pixabay

Itu karena di dalamnya terkandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Jagung tidak mengandung zat purin berbahaya seperti yang ada pada makanan laut seperti kepiting, cumi-cumi, lobster, atau kerang, namun jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu peningkatan asam urat dalam darah. Jika dikonsumsi secara wajar, kadar asam urat dalam darah akan tetap seimbang (normal).

Sementara itu, jagung rebus yang dikonsumsi bersama kentang rebus dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan mampu membersihkan sela-sela persendian dari penumpukan zat purin.

Jagung manis atau jagung rebus yang disantap bersama kedelai rebus mampu menurunkan kadar asaam urat dalam darah dan dapat merangsang aktivitas pembentukan asteoblastik, yaitu pembentukan sel sel tulang. Kedua bahan alami ini tidak mengandung kolesterol dan zat purin sehingga layak disebut sebagai menu sehat harian bagi penderita asam urat.

Jagung yang dikonsumsi bersama daun selada sebagai pengganti nasi di sore hari sangat baik bagi seseorang yang sedang menjalani diet sehat. Jagung mempunyai kandungan karbohidrat dengan kadar gula paling aman bahkan untuk penderita diabetes sekalipun. Keduanya juga mampu menetralkan kadar asam urat yang ada dalam darah pada orang yang gemar makan makanan hasil laut.

Jagung manis yang direbus lalu dirontokkan dan dicampur bersama yogurt akan sangat bermanfaat untuk penurunan kadar asam urat dalam darah. Kedua bahan makanan ini sangat nikmat dan gurih ketika digabungkan untuk dijadikan makanan sehat pengganti camilan yang berbahan berat misalnya yang terbuat dari terigu dan keju.

Baca Juga:  Jamur Kombucha, Rahasia Diet Detoks Alami Anti-obesitas

Jagung yang disantap bersama tomat untuk menu makan siang dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang sedang mengalami peningkatan. Namun, jika Anda hanya ingin mengonsumsi jagungnya saja tidak mengapa karena efeknya tetap baik, yaitu mampu menstabilkan kadar asam urat dalam darah.

Pada siang hari, menu makanan berlemak dan makanan jenis siap saji sangat menggoda untuk disantap namun dapat mengancam kestabilan asam urat. Sangat bijak jika Anda memilih jagung rebus atau jagung yang telah dikombinasikan dengan nasi merah atau dicampurkan dengan susu rendah lemak sebagai santapan siang. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari peningkatan asam urat.