Catatan Administrasi yang Harus Dimiliki Peternak Ayam Petelur

Pertanianku Administrasi menjadi hal penting yang masih jarang diperhatikan oleh para peternak ayam petelur. Catatan tersebut berguna untuk mengetahui keadaan perkembangan ternak setiap hari, bulan, bahkan dalam satu periode. Catatan administrasi tersebut dapat Anda buat sesederhana mungkin, yang terpenting jelas dan menyangkut seluruh informasi mengenai ternak Anda.

peternakan ayam petelur
foto: pertanianku

Dengan adanya catatan administrasi, para peternak ayam petelur dapat belajar jika terjadi kesalahan sehingga tidak akan melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari. Pasalnya, keberhasilan peternakan tidak hanya berasal dari pakan yang digunakan, bibit, kesehatan ternak, dan kandang yang digunakan. Manajemen peternakan termasuk melakukan pencatatan administrasi juga akan memengaruhi keberhasilan Anda.

Apa saja yang harus ada dalam catatan administrasi guna memudahkan Anda dalam proses pemeliharaan, simak ulasan berikut.

Loading...

Populasi

Mengetahui jumlah total individu ternak sangat penting dan akan memengaruhi tiga faktor manajemen. Populasi akan berimbas kepada pengobatan, pemberian pakan, vaksin, dan vitamin. Jumlah populasi harus tepat dan selalu di-update, karena kesalahan pencatatan populasi dapat merusak hasil panen yang didapatkan, kesalahan pengobatan, kesalahan pemberian pakan, vaksin, dan vitamin. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan kerugian baru.

Deplesi (penyusutan)

Jumlah individu yang mati, diapkir, atau hilang harus selalu dicatat karena setiap penyusutan yang terjadi akan mengubah program pemberian pakan yang harus dilakukan sesuai dengan jumlah populasi. Jumlah deplesi juga dapat menjadi alat kontrol kesehatan karena bisa jadi deplesi terjadi akibat ayam sakit.

Berat badan

Data berat badan penting untuk ditampilkan secara kontinu karena memengaruhi performa ayam dan kualitas pemberian pakan. Data ini juga perlu dilakukan untuk keberhasilan program pemberian pakan dan mengetahui jumlah pakan yang diberikan.

Baca Juga:  Tips Memberikan Pakan Itik pada Fase Layer

Water intake

Jumlah air yang dikonsumsi sangat penting untuk mengevaluasi status kesehatan ayam dan suhu udara kandang, apakah tingkat kelembapan kandang masih normal dan stabil atau tidak.

Produksi telur

Sangat penting untuk mencatat seluruh jumlah telur yang sudah dihasilkan. Tentu saja hal ini menjadi penentu keberhasilan manajemen pemeliharaan.

Riwayat kesehatan

Sering kali para peternak mengabaikan catatan ini, padahal riwayat kesehatan sangat vital untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi, pemberian obat, mengontrol sirkulasi obat, vaksin, dan barang penunjang kesehatan lainnya.

Stok barang

Barang yang dimaksud adalah pakan, vaksin, vitamin, obat, atau bahan lain yang digunakan dalam proses peternakan.

Loading...
Loading...