Cegah Diabetes dengan Mengonsumsi Terung

Pertanianku — Siapa yang tidak mengenal terung, salah satu sayuran yang sangat sering dijumpai serta memiliki bentuk dan warna yang sangat khas. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah terung menjadi terung balado, terung goreng, dan lain-lain. Ada juga jenis terung yang bisa dimakan mentah sebagai lalapan. Di samping rasanya yang enak, ternyata terung menyimpan banyak khasiat, salah satu manfaat terung yang perlu Anda ketahui adalah mencegah diabetes.

diabetes
foto: pixabay

Kulit terung memiliki pigmen yang mengandung anthocyanin, yaitu senyawa antioksidan yang penting untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Antioksidan ini bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan, termasuk sel-sel beta pankreas, suatu sel yang bertanggung jawab mensekresi insulin dalam tubuh.

Kandungan antioksidan ini mengurangi kerusakan pada jaringan perifer yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah. Oleh karena itu, saat mengonsumsi terung jangan buang kulitnya karena bermanfaat untuk turunkan risiko diabetes.

Manfaat lain dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam terung adalah menutrisi kulit sehingga kesehatan kulit lebih terjaga. Seseorang yang rutin mengonsumsi terung gelatik dapat mencegah kulit kering dan mencerahkan warna kulit. Anda juga bisa mengolah sayuran ini menjadi masker wajah untuk mencerahkan kulit.

Apabila terung dikonsumsi bersama makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi, terung dapat menurunkan kadar kolesterol tersebut. Namun, terung harus disajikan dengan cara direbus atau dikukus. Pasalnya, proses menggoreng dan penambahan bumbu masak, apalagi bila ditambah dengan santan, justru menghilangkan khasiat yang ada di dalam sayuran ini.

Khasiat lain dari terung adalah mencegah kanker, memelihara kelangsingan tubuh karena rendah kalori, dan mengendalikan stres. Itu sebabnya terung dapat Anda konsumsi ketika sedang menjalani program diet. Hal ini karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu mampu mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.

Baca Juga:  Mengenal Bambu Lamina, Diversifikasi untuk Solusi Kelangkaan Kayu

Untuk terung gelatik, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencegah osteoporosis karena mengandung kalsium, magnesium, dan kalium. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, ketiga kandungan tadi juga dapat meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang dan meminimalisir risiko osteoporosis.