Cegah Penurunan Bobot Ternak Saat Proses Distribusi dengan Bioport

Pertanianku — Proses jual beli ternak pasti akan melibatkan proses distribusi ternak dari kandang ke tempat pembeli. Terkadang peroses distribusi itu berlangsung dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh seperti ekspor. Kondisi tersebut dapat membuat hewan ternak stres sehingga mengalami kehilangan bobot badan. Untuk menanggulangi kondisi tersebut, Anda bisa menggunakan bioport.

bobot ternak
foto: pertanianku

Bioport merupakan pakan aditif yang dapat diberikan pada seluruh hewan ruminansia. Dilansir dari laman Kementerian Pertanian Badan Litbang Pertanian, bioport merupakan produk yang dihasilkan dari penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak).

Proses distribusi yang membuat hewan stres dan tidak nyaman sehingga hewan kehilangan nafsu makan, kehilangan bobot badan, dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Biasanya, saat proses distribusi, hewan akan kehilangan bobot hingga 15 persen dan memiliki risiko kematian hingga 3 persen.

Loading...

Bioport diberikan pada hewan ternak yang akan melakukan perjalanan dan saat hewan sedang mengalami perjalanan. Ketika di pertengahan jalan hewan terlihat stres, Anda juga dapat memberikan pakan aditif ini.

Bioport terdiri atas tiga komponen, yakni probiotik sebanyak 25 persen, 10 vitamin sebanyak 55 persen, dan bahan yang mengandung immunoglobulin yang berasal dari bubuk kolostrum murni sebanyak 20 persen.

Selain mampu mencegah kehilangan bobot badan dan kematian pada ternak yang sedang dalam proses distribusi, pakan aditif ini mampu mencegah stres pada ternak, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ternak lebih sehat, dan mempercepat proses penyembuhan ternak saat ia sudah sampai di tempat tujuan.

Dosis yang dapat diberikan pada hewan ternak besar seperti sapi dan kerbau adalah 100 gram per ekor per hari. Untuk hewan ternak kecil seperti kambing dan domba adalah 50 gram per ekor per hari.

Baca Juga:  Milenal Lebih Baik Jadi Petani

Pakan aditif dapat diberikan tiga hari sebelum melakukan perjalanan dan tiga hari setelah hewan tiba di tempat tujuan. Pemberiannya dapat diberikan dengan mencampurkannya ke dalam larutan air minum atau konsentrat.

Bioport merupakan pakan yang terdiri atas bahan mudah menyerap air. Oleh karena itu, agar tahan lama, Anda harus menyimpan pada wadah yang tertutup rapat dan di tempat yang sejuk bersuhu ruangan.

Loading...
Loading...