Cegah Penyakit Jantung dengan Kecapi


Pertanianku – Kecapi merupakan tanaman yang pohon dan buahnya hampir mirip dengan buah duku. Namun, untuk ukuran buahnya, kecapi memiliki ukuran yang lebih besar. Buah kecapi biasanya dimakan sebagai buah yang segar, bisa juga diolah menjadi jely, manisan, dan pengharum alami di makanan. Kecapi ini disebut juga buah sentul, karena buah ini berasal dari Semenanjung Malaka yang kemudian menyebar termasuk ke Indonesia.

Cegah Penyakit Jantung dengan Kecapi

 

Kecapi kaya akan zat polifenol yang dapat berfungsi mengurangi risiko terhadap penderita jantung dan kanker. Selain itu, juga bisa dipergunakan sebagai pencegah penyakit alzheimer atau kepikunan dini.

Semakin hari, kecapi semakin sulit didapat karena termasuk buah yang sudah langka. Kecapi memiliki kulit yang keras sehingga untuk menikmati daging buahnya diperlukan usaha yang keras. Saking kerasnya, terkadang buah ini harus dijepitkan di antara pintu atau membantingnya agar kulitnya bisa pecah. Buah ini banyak memiliki manfaat yang bisa kita dapat dari buah kecapi. Tidak hanya pada buahnya, seluruh bagian dari kecapi mulai daun, akar, pohon dan daunnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga:  Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus
loading...
loading...