Cegah Serangan Penyakit dengan Sanitasi Kandang Burung Puyuh

Pertanianku— Risiko serangan penyakit memang sulit dihindari, apalagi serangannya tiba-tiba. Namun, serangan penyakit bisa dicegah atau diminimalisir dengan melakukan beberapa hal, salah satunya menerapkan sanitasi kandang burung puyuh.

sanitasi kandang burung puyuh
foto : pixabay

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat menerapkan sanitasi kandang, mulai dari bibit, pakan, kebersihan kandang, hingga kebersihan peralatan kandang dan lingkungan di sekitarnya.

Kandang yang kotor dan lembap serta bau dapat menjadi sarang penyakit. Kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan ternak rentan terserang penyakit. Pengobatan ternak yang sakit terbilang lebih sulit dan akan memakan biaya, tenaga, serta waktu yang lebih banyak. Selain itu, serangan penyakit juga dapat menyebabkan kematian sehingga Anda dapat mengalami kerugian yang lebih besar.

Sebagai peternak, Anda tidak boleh membiarkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, sanitasi kandang burung puyuh perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit.

Berikut ini beberapa langkah penting menjadikan kandang burung puyuh terbebas dari kuman penyakit.

Litter kandang

Litter di dalam kandang yang menumpuk dan penuh kotoran di lantai perlu dibakar dan dikubur. Lakukan penggantian litter sebanyak 2—3 kali seminggu. Penggantian secara rutin tersebut dapat membuat litter lebih bersih dan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Persiapan kandang sebelum digunakan

Kandang yang akan digunakan sebaiknya disemprot dulu dengan disinfektan, seperti Lysol atau Creolin yang dicampur dengan air. Usahakan kandang juga dikapur untuk memaksimalkan proses pembersihan kandang. Pilihlah disinfektan yang aman, tidak membahayakan ternak. Penyemprotan disinfektan dilakukan minimal dua minggu sekali.

Lingkungan kandang

Lingkungan di sekitar kandang perlu dibersihkan, seperti membersihkan rumput liar. Kegiatan ini berguna untuk menghindari hama seperti tikus, serangga, atau hewan lain yang gemar bersarang di rumput. Hewan-hewan tersebut dapat menjadi vektor bibit penyakit bagi burung puyuh.

Baca Juga:  Cara Membuat Pakan Konsentrat Kelinci

Menjaga kebersihan peralatan kandang

Peralatan kandang, seperti tempat makan dan minum, perlu dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dan sesudah digunakan.

Buat kandang khusus

Sebaiknya, Anda menyiapkan kandang khusus untuk mengisolasi burung puyuh yang sakit. Lokasi kandang ini harus jauh dari kandang ternak yang sehat.