Cek Benih Bawang Putih dengan Metode Ladorfisio

Pertanianku — Sebelum hendak bertanam bawang putih, sebaiknya periksa kembali benih bawang putih yang Anda miliki. Benih bawang putih oplosan beberapa kali ditemukan beredar di pasaran. Tentu saja hal ini sangat merugikan petani bawang putih. Padahal, ada cara mudah untuk cek benih bawang putih.

cek benih bawang putih
Foto: freepik

Benih bawang putih oplosan yang dimaksud adalah campuran antara benih yang sudah siap tanam dengan benih yang belum siap tanam. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui ciri benih bawang putih oplosan dan yang tidak.

Ciri utama yang dapat ditandai dari benih bawang putih yang baik adalah benar-benar dipanen dalam satu periode tanam yang sama. Oleh karena itu, masa dormansinya pun akan sama satu sama lain. Bila satu umbi sudah diketahui melalui fase putus dorman, umbi siungnya juga dapat dipastikan sudah putus dorman.

Loading...

Putus dorman bawang putih ditandai dengan munculnya tunas di dalam siung calon benih. Ciri ini akan semakin terlihat apabila siung tersebut dibelah secara melintang. Tunas yang tumbuh lebih dari separuh panjang siung ini menandakan bahwa benih bawang putih siap tanam.

Selain cara ini, Anda juga dapat menggunakan prinsip Ladorfisio untuk menentukan kualias benih bawang putih yang baik. Apakah Anda pernah mendengar prinsip Ladorfisio yang satu ini?

Ladorfisio merupakan singkatan akronim dari frasa-frasa berikut. Pertama, cek keaslian label (LA), yang berarti label benih bawang putih yang Anda beli harus benar-benar asli. Kedua, sangat penting juga untuk memeriksa lagi waktu dormansi (DOR) dari benih tersebut. Hal ini sangat penting untuk menentukan waktu putus dorman.

Ketiga, periksa pula kondisi fisik (FI) benih bawang putih yang akan Anda tanam. Keempat, periksa pula siung (SI) bawang putih tersebut. Terakhir, cek kembali apakah benih tersebut merupakan oplosan (O) atau bukan.

Baca Juga:  Pakan Alternatif Kambing untuk Mendongkrak Produksi Susu

Keseluruh aspek dalam prinsip ladorfisio harus terpenuhi bila Anda ingin benar-benar mendapatkan bibit yang baik dan berkualitas.

 

Loading...
Loading...