Cerita di Balik Munculnya Tomat Hitam


Pertanianku — Selama ini kita sudah tak asing lagi dengan tomat merah, tentu saja karena sayuran buah ini selalu jadi bahan masakan. Di Amerika Serikat, ada tomat hitam yang lebih kaya anti-oksidan yang disebut juga Indigo Rose. Mau tahu seperti apa? Yuk simak!

tomat hitam
Foto: Google Image

Seiring berjalannya waktu dengan segala perkembangan zaman, para petani terus mengembangkan sayuran unik. Mereka menciptakan tomat dengan warna yang tak lazim, yaitu hitam.

Tomat tersebut berasal dari hasil persilangan yang dikembangbiakkan oleh Jim Myres, profesor dari Universitas Oregon saat menjalani studi mengenai manfaat tomat. Ia berinisiatif menciptakan tomat hitam, setelah seorang mahasiswa tertarik dengan manfaat kesehatan tomat.

Mengutip Daily Mail, tanaman itu ditumbuhkan di dalam rumah kaca. Saat baru tumbuh, warnanya hijau seperti tomat pada umumnya. Namun ketika tomat matang, alih-alih berwarna merah, tomat ini justru menghitam. Varietas itu disebut “Indigo Rose”. Sutton Seeds dari Devon merupakan perusahaan yang memprakarsainya.

Selain berbeda secara fisik, tomat hitam juga dinilai lebih sehat dibandingkan dengan tomat merah. Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan, tomat hitam mengandung anthocyanin dan anti-oksidan yang mampu membantu memerangi diabetes dan obesitas.

“Mereka memang tidak semanis tomat normal, tapi rasanya lebih gurih. Bagus untuk dipanggang dan dimakan dengan salad,” kata Alfie Jackson, asisten manajer produk dari Sutton Seeds.

Sebelum Indigo Rose, sudah ada beberapa tomat berwarna gelap yang pernah dikembangkan. Namun, tomat kali ini diklaim sebagai satu-satunya yang paling gelap.

Terkait penemuan ini Alfie menjelaskan, Jim dan timnya menemukan tomat dengan pigmentasi ungu berkat kandungan anthocyanin. Kandungan yang juga sama ditemui pada blueberry.

“Mereka kemudian menyilangkan tomat ungu dengan beberapa tomat liar, hingga akhirnya terciptalah warna hitam,” tutur Alfie.

Baca Juga:  Konsep Pertanian Pertama Kali Dikenal oleh Semut

Di Inggris sendiri, sayuran langka tengah digemari warga. Sebanyak 26 persen dari pemilik rumah di sana juga mulai memasak sayuran yang dihasilkan dari kebun sendiri.

loading...
loading...