Chicha Morada, Minuman Unik dari Jagung Ungu


Pertanianku — Apakah Anda memiliki rencana untuk menyambangi Peru? Jika ya, jangan lupa untuk mencicipi minuman khas lokal bernama Chicha Morada. Minuman bercita rasa unik ini tak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Chicha Morada
Foto: Pixabay

Chicha Morada pada dasarnya berasal dari air rebusan jagung ungu. Jagung ungu merupakan jagung khas dari Peru yang memiliki warna ungu pekat, nyaris seperti hitam.

“Ini merupakan superfood dari Peru,” ungkap istri dari Duta Besar Peru untuk Indonesia Susan Santos de Cardenas.

Bagi masyarakat Peru, Susan mengatakan Chicha Morada seperti pengganti minuman bersoda. Masyarakat Peru lebih banyak meminum Chicha Morada dibandingkan minuman bersoda populer.

Cara penyajian Chicha Morada ini pun cukup mudah. Untuk menghasilkan Chicha Morada, cukup rebus air dan jagung ungu beserta potongan buah nanas dan sedikit kayu manis. Perpaduan berbagai bahan-bahan ini menghadirkan cita rasa yang segar dan manis meski tidak mendapatkan tambahan gula.

“Ini seperti soft drink, tapi sangat baik (lebih sehat),” tambah Susan.

Tak hanya itu, Susan mengungkapkan bahwa rebusan jagung ungu juga memberi dampak baik bagi kesehatan. Setidaknya, itu yang ia lihat setelah sang suami meminum Chicha Morada cukup rutin. “Kadar kolesterolnya menjadi lebih rendah,” jelas Susan.

Seperti dilansir Peru Info, jagung ungu yang berasal dari area Andes ini diketahui kaya akan anti-oksidan. Tak hanya populer di Peru dalam skala nasional, tetapi jagung ungu juga diminati dalam skala internasional.

Kandungan anti-oksidan alami yang besar dalam jagung ungu dapat mencegah atau memperlambat oksidasi molekul. Hal ini dapat membantu jaringan-jaringan tubuh untuk melakukan regenerasi sehingga kulit pun tampak lebih mudah.

Baca Juga:  Inovasi Unik, Sepatu dari Kulit Ceker Ayam

Tak hanya itu, anti-oksidan dalam jagung ungu juga berkhasiat dalam mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Salah satunya dengan cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi serta memperlancar aliran darah.

Pigmen bernama anthocyanin yang ditemukan dalam tanaman berwarna ungu juga diketahui dapat membantu mencegah katarak, glaucoma, dan konjungtivitis. Senyawa ini juga diketahui memiliki sifat hemostatik karena dapat membantu menghentikan mimisan.