Chinese Money Plant, Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Hoki

Pertanianku — Sesuai dengan namanya, tanaman chinese money plant berasal dari dataran Cina, tepatnya berasal dari Yunnan dan Shichuan di Cina Selatan. Tanaman hias ini sering dipercaya mendatangkan hoki bagi si pemilik. Terlepas dari kepercayaan tersebut, tanaman hias ini digadang-gadang akan menjadi tanaman selanjutnya yang disukai oleh pehobi tanaman hias.

chinese money plant
foto: unsplash

Chinese money plant (Pilea peperomioides) sering disebut sebagai pancake plant. Daun tanaman ini berbentuk agak bulat dan sedikit meruncing, ukurannya tidak begitu besar. Jika dilihat sepintas, daun tanaman hampir mirip dengan tanaman koin cina. Daunnya berwarna hijau cerah sehingga menambah kesan asri pada rumah si pemilik.

Bentuk daun chinese money plant terbilang cukup sederhana, tetapi tanaman ini tetap mampu mengeluarkan kesan elegan.

George Forrest merupakan orang pertama yang mengumpulkan tanaman ini pada 1906 dan 1910 dari Pegunungan Cang di Provinsi Yuan.

Tanaman hias yang dipercaya membawa hoki ini cocok disimpan di dalam ruangan karena tanaman tidak begitu suka dengan sinar matahari secara langsung. Namun, Anda tetap perlu meletakkan tanaman di daerah yang terang seperti di dekat jendela.

Meski tidak suka cahaya matahari secara langsung, tanaman tetap membutuhkan cahaya dan tidak suka di tempat yang terlalu teduh. Tanaman yang disimpan di tempat teduh akan mengalami hambatan ketika tumbuh sehingga pertumbuhannya menjadi tidak sempurna.

Apabila Anda terpaksa menyimpan tanaman di tempat yang teduh, setidaknya tanaman dijemur sebanyak dua kali dalam sehari agar pertumbuhannya tidak terhambat.

Ukuran tanaman chinese money plant tidak begitu besar. Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok diletakkan di atas meja. Warna hijau dari daun tanaman mampu membuat pemandangan meja lebih segar.

Baca Juga:  Khasiat Tersembunyi si Cantik Kastuba Merah

Selain mempercantik penampilan ruangan, tanaman hias ini juga dapat menyerap radiasi dan berfungsi sebagai penyaring udara. Dengan begitu, tanaman chinese money plant akan membuat udara di dalam ruangan terasa lebih segar.

Teknik perawatan tanaman tidak begitu sulit, Anda cukup menyiram media tanamnya hingga cukup basah, tetapi jangan sampai terlalu basah. Media tanam yang terlalu basah dapat menyebabkan tanaman cepat membusuk. Anda perlu memberikan pemupukan susulan setiap satu bulan sekali.