Cilantro si Daun Ketumbar untuk Masakan

Pertanianku — Tak hanya bijinya, cilantro atau daun ketumbar ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk masakan, lho. Daun yang masih muda biasa digunakan untuk masakan sup atau masakan berkuah lainnya. Daun ini juga memiliki nama lain, yakni coriander.

cilantro atau daun ketumbar
Foto: pixabay

Daun ketumbar ini sendiri memiliki rasa unik yang berbeda dari daun herbal lainnya. Rasanya pedas dengan aroma yang unik, yakni pedas dan wangi sekaligus. Tidak jauh berbeda dari rasa biji ketumbar yang juga pedas dan beraroma lemon.

Cilantro biasanya dipetik pada bagian daun yang masih muda. Bisa juga, cilantro dimanfaatkan dengan cara dicabut begitu saja saat masih muda. Meski begitu, daun ini ternyata masih sangat jarang digunakan dalam masakan Indonesia.

Penggunaan cilantro sering digunakan dalam masakan luar negeri seperti Cina hingga Meksiko. Anda bisa menjumpai beragam olahan yang menggunakan cilantro antara lain guacamole yang berasal dari Meksiko, pasta dari Italia, dan olahan daging domba di Cina.

Cara penggunaannya hampir sama dengan daun seledri. Daun ini digunakan dengan cara dicincang seperti seledri. Cilantro kemudian ditabur di atas makanan dalam bentuk mentah atau disebut juga sebagai dressing.

Karena fungsi dan bentuknya hampir mirip dengan seledri, orang seringkali salah membedakan kedua jenis daun ini. Padahal, keduanya punya bentuk yang berbeda.

Cilantro memiliki ujung daun yang lebih bulat daun tumpul. Sementara, seledri memiliki ujung daun yang lebih lancip. Dilihat dari warnanya, cilantro akan tampak lebih pucat dibanding seledri. Meskipun kedua daun ini masih sama-sama berwarna hijau.

Perbedaan ini juga bisa diketahui dari batang tanaman. Batang seledri akan memiliki permukaan yang tidak rata. Selain itu, cilantro memiliki bau yang lebih tajam ketimbang seledri.

Baca Juga:  Jamur Chanterelle, Jamur Kesukaan Orang Eropa

Cara menyimpannya pun mudah. Cilantro bisa disimpan dalam wadah tertutup dan disimpan dalam lemari pendingin. Ia bisa tetap segar selama wadah tersebut tertutup rapat.

Cilantro sendiri punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin K-nya baik untuk peredaran darah, mengatur penggumpalan darah, dan mencegah pendarahan.

Selain itu, daun ketumbar ini juga memiliki vitamin A dan B9 yang baik untuk mata, kulit, gigi, tulang, dan jaringan tubuh.

Loading...