Ciri-ciri Benur Udang yang Sehat

Pertanianku — Benur udang yang siap ditokolkan pada kegiatan unit usaha adalah benih yang berasal dari hatchery ukuran PL-12 atau stadium pascalarva. Benur yang akan ditokolkan harus benar-benar sehat dan mengikuti standarisasi benur yang ada. Berikut ini beberapa ciri-ciri benur udang yang sehat dan layak untuk ditokolkan oleh para pelaku usaha.

benur udang
foto: pixabay

Keseragaman

Gunakan benur yang berukuran seragam karena benur yang berukuran seragam dapat terhindar dari kanibalisme antarbenih. Selain itu, ukuran benur yang tidak seragam dapat menandakan pertumbuhan yang tidak normal.

Penampilan warna

Kualitas benur dapat dinilai dari warnanya, penampilan warna benur windu yang berbeda-beda bisa disebabkan oleh tempat pemeliharan dan jenis pakan yang diberikan. Benur berwarna kecokelatan, kehitaman, atau benih menjadi ciri dari benur yang berkualitas baik. Sementara itu, benur berwarna merah atau merah muda menandakan benur tersebut terindikasi stres, terserang penyakit, infeksi, atau kekurangan makanan.

Sirip ekor (uropoda)

Benur yang sehat memiliki sirip ekor yang mengembang seperti kipas. Sirip ekor yang semakin mengembang akan semakin baik. Bukaan sirip setidaknya memiliki tiga lembar. Jika benur terlihat masih dalam kondisi tertutup, itu berarti benur belum siap untuk ditebar.

Antena pertama (sungut pendek)

Antena yang sering membuka dan menutup secara rapat serta berada pada keadaan lebih sering menutup, menandakan mutu benur berkualitas dan sehat. Sementara itu, benur yang berantena membentuk huruf ‘V’ merupakan pertanda benur sedang terinfeksi bakteri.

Aktivitas renang

Benur yang sehat akan segera meloncat atau menjauhi jika diberikan rangsangan dari luar. Benur yang sehat bergerak aktif berenang dan peka terhadap rangsangan dari luar. Jika kondisi air sedang diputar, benur yang sehat akan bergerak melawan arus. Sementara itu, benur yang sakit justru tidak berenang melawan arus. Jika sedang berisitrahat, badan benur terlihat melengkung dan karapasnya mengerut.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mempersiapkan Kolam Pijah Ikan Gurami

Ukuran benur

Bentuk benur udang yang siap ditebar adalah lancip dan minimal berukuran 12 mm. Benur yang berukuran tersebut biasanya memiliki pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan ukuran-ukuran lainnya.

 

 

 


loading...