Ciri-ciri Bibit Lengkeng yang Bagus

Pertanianku — Langkah pertama saat Anda ingin menanam tanaman lengkeng adalah menentukan varietas lengkeng yang akan digunakan dan memilih bibit lengkeng yang bagus.

bibit lengkeng
foto: Pertanianku

Pemilihan varietas sangat penting untuk dilakukan, pasalnya dari sekian banyak varietas lengkeng yang beredar di pasaran hanya ada beberapa varietas lengkeng yang terkenal unggul, misalnya lengkeng merah, matalada, new kristal, dan hawae. Varietas-varietas unggulan tersebut memiliki kelebihan pada rasa daging buah yang manis, penampilannya yang unik, ukuran biji kecil, dan lain-lain.

Setelah Anda menentukan varietas lengkeng yang akan dipilih sesuai tujuan, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencari bibit lengkeng yang bagus. Untuk Anda yang pemula dan baru saja menyukai tanaman buah atau pertama kali membeli bibit buah, sebaiknya beli bibit di pembenih bersertifikat atau toko-toko pertanian tepercaya seperti Toko Trubus. Hal ini karena biasanya bibit yang dijual pada tempat tersebut lebih terjamin kualitasnya.

Saat Anda ingin membeli bibit lengkeng unggul, sebaiknya perhatikan beberapa poin di bawah ini terlebih dahulu agar dapat membawa pulang bibit yang bagus.

  • Sebaiknya bibit yang dijual berasal dari perbanyakan vegetatif seperti okulasi atau sambung. Bibit vegetatif dapat menurunkan sifat dari tanaman induknya. Oleh karena itu, jika tanaman induk rajin berbuah, bibit tersebut juga cenderung rajin berbuah. Namun, karena bibit tersebut menurunkan sifat tanaman induknya, Anda perlu memastikan bahwa bibit tersebut berasal dari tanaman induk berkualitas.
  • Bibit lengkeng yang akan dipilih harus sesuai dengan iklim dan ketinggian daerah setempat. Misalnya, jika Anda memilih lokasi menanam di dataran rendah, pilihlah jenis lengkeng yang cocok di dataran rendah, begitupun dengan dataran tinggi. Jika lengkeng dataran rendah ditanam di dataran tinggi, akan sulit untuk berbuah karena tidak cocok.
  • Asal-usul bibit harus jelas. Anda tidak boleh membeli bibit tanaman di sembarang tempat yang tidak bisa menjelaskan asal-usul bibit tersebut.
  • Bibit yang dibeli sudah cukup umur, seperti minimal memiliki enam helai daun. Umur bibit yang cukup akan membuat Anda tidak perlu terlalu lama menunggu tanaman berbuah.
  • Bibit terbebas dari serangan hama serta penyakit, biasanya hal ini dapat terlihat dari tampilan fisik tanaman.
  • Pertumbuhannya normal serta batangnya tegak.
Baca Juga:  Teknik Merawat Tabulampot Lengkeng Matalada agar Tetap Rajin Berbuah

Untuk mendapatkan bibit lengkeng berkualitas unggul, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp Admin Toko Trubus sekaligus berkonsultasi.

Toko Trubus menyediakan beragam bibit lengkeng unggulan, di antaranya lengkeng matalada, lengkeng merah atau ruby longan, lengkeng hawae, dan lengkeng new kristal. Sebagai solusi pertanian, tersedia pula beragam keperluan bertanam, mulai dari media tanam dan wadah tanam, pupuk dan pestisida, hingga alat-alat berkebun lainnya.