Ciri-ciri Bibit Mangga Berkualitas

Pertanianku — Saat ini Anda bisa membeli bibit mangga di mana saja karena sudah mulai banyak penjual bibit yang mudah diakses, bahkan bibit dapat dibeli melalui e-commerce tanpa perlu datang langsung ke toko. Namun, Anda harus memerhatikan kualitas bibit yang akan dibeli. Sebab, bibit mangga berkualitas tersebut akan menentukan hasil yang akan didapatkan.

bibit mangga berkualitas
foto: Pertanianku

Terkadang, ada pohon mangga yang tidak kunjung berbuah karena kualitas bibitnya kurang baik. Oleh karena itu, untuk menghindari risiko pohon mangga yang tidak bagus, Anda perlu memerhatikan 4 ciri-ciri bibit mangga yang bagus di bawah ini.

Bibit berasal dari penangkar yang tepercaya

Tempat penangkar bibit menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kualitas bibit. Pasalnya, tempat penangkar bibit tepercaya kemungkinan besar tidak akan menyediakan bibit yang kurang berkualitas. Lebih baik lagi, jika penangkar tersebut memiliki sertifikat untuk menjamin kualitas bibit yang dihasilkan. Pastikan bibit yang dijual berasal dari tanaman induk yang sudah pernah berbuah.

Kondisi kesehatan bibit

Bibit harus dalam keadaan sehat, berbatang kekar, percabangan pendek, dan berdaun rimbun. Usahakan beli bibit yang belum terlalu tua agar pertumbuhannya lebih optimal. Di seluruh bagian bibit tidak terdapat cacat sama sekali sehingga tampilannya cukup prima. Selain itu, pilihlah bibit yang terbebas dari serangan hama agar pertumbuhannya berjalan baik.

Bibit yang sehat memiliki penampilan yang seimbang antara jumlah helai daun dan tinggi tanaman. Daun yang tumbuh sudah cukup banyak sekitar 7 helai dan berwarna hijau menyala.

Teknik perbanyakan bibit

Pohon mangga bisa diperbanyak melalui dua cara, yakni vegetatif dan generatif. Jika Anda menginginkan tanaman mangga cepat berbuah, pilihlah bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif, seperti cangkok, okulasi, dan lain-lain. Bibit vegetatif sangat cocok untuk Anda yang ingin menanam mangga di pot karena sistem perakarannya tidak akan merusak wadah pot.

Baca Juga:  Penyebab Selada Terasa Pahit

Percabangan bibit

Khusus untuk mangga yang akan ditanam di pot, jangan pilih bibit yang sudah berbunga atau berbuah, tetapi belum memiliki percabangan. Pasalnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan vegetatifnya berhenti karena energi yang dimiliki malah digunakan untuk membentuk bunga dan buah.

Bibit mangga berkualitas, bisa Anda dapatkan di toko pertanian tepercaya, seperti Toko Trubus. Beragam bibit mangga berkualitas tersedia di Toko Trubus, baik mangga lokal unggulan maupun introduksi. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam keperluan berkebun, mulai dari beragam bibit dan benih tanaman hingga pupuk dan pestisida. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat.