Ciri-ciri Blewah yang Sudah Matang

Pertanianku— Panen buah blewah tidak bisa dilakukan bersamaan karena biasanya buah tidak terbentuk secara bersamaan. Biasanya, panen bisa dilakukan sebanyak 4–6 kali dalam jangka waktu tiga bulan. Sebaiknya, panen dilakukan ketika blewah berada pada stadia benar atau matang pohon. Apabila buah belum matang tetapi dipanen, kemungkian besar buah tidak menghasilkan aroma yang segar.

buah blewah
foto: PIxabay

Sementara itu, bila panen dilakukan saat buah sudah terlalu matang, rasanya akan kurang segar dan teksturnya menjadi lembek, tapi akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Rata-rata konsumen lebih menyukai kondisi daging buah yang sudah matang pohon. Waktu yang tepat untuk panen adalah buah belum terlalu matang, tetapi sudah mengeluarkan aromanya.

Blewah dan timun suri tidak bisa diperam. Pemeraman hanya bisa membuat aroma harum buah lebih keluar. Biasanya, pemeraman dilakukan pada buah yang baru dipetik tetapi aroma belum muncul sepenuhnya.

Agar Anda lebih mudah mengetahui blewah yang sudah matang, simak tanda-tanda blewah yang sudah tua benar/matang di bawah ini.

  • Kulit buah berwarna kuning merata, bergantung pada jenis atau varietasnya.
  • Bulu-bulu yang terdapat di permukaan buah sudah tidak ada dan kulit tampak halus.
  • Buah terasa lunak ketika ditekan dengan jari tangan. Selain itu, akan tercium aroma harum segar.

Setelah Anda menemukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera panen dengan cara yang benar. Panen dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau yang tajam. Panen juga bisa dengan tangan kosong. Caranya, putar buah hingga terlepas dari tangkai. Namun, cara ini terbilang berisiko karena dapat menimbulkan infeksi pada tangkai buah dan infeksi tersebut bisa masuk ke dasar buah.

Buah yang sudah dipanen tidak boleh sampai jatuh ke tanah karena dapat menyebabkan memar dan bonyok. Memar tersebut dapat menyebabkan mutu buah menjadi rendah sehingga sulit dijual. Hal serupa juga berlaku ketika melakukan sortasi dan pengepakan, buah tidak boleh sampai memar. Buah yang sudah dipanen harus langsung dimasukkan ke keranjang plastik untuk dibawa ke gudang.

Baca Juga:  Kiat Ternak Cacing Tanah