Ciri-ciri Buah Jambu Biji yang Sudah Siap Matang

Pertanianku  — Buah jambu biji yang matang sering dihidangkan sebagai buah meja. Seperti buah-buahan pada umumnya, jambu biji kaya akan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Buah ini juga terkenal murah sehingga masyarakat menyukai buah ini. Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah jambu biji adalah phytochemicals, tannin, fenol triterpen flavonoid, saponin, lektin, asam askorbat, karotenoid, dan polifenol.

jambu biji yang matang
foto: pertanianku

Selain rasa dan kandungan gizinya, hal menarik yang disukai dari jambu biji adalah aromanya yang sangat wangi. Aroma tersebut bisa didapatkan dari daun serta buahnya karena buah dan pohon jambu biji mengandung minyak atsiri yang disebut sebagai eugenol. Kandungan tersebut bisa mencapai 14 persen.

Jambu biji sangat mudah dijumpai ketika sedang musimnya. Hal ini disebabkan oleh pohon jambu biji mudah dibudidayakan di Indonesia. Banyak orang yang mulai menanam buah ini di pekarangan rumah sebagai pohon pelindung yang menghasilkan buah.

Meskipun sudah banyak yang menanamnya sendiri, masih ada yang masih belum memahami tanda-tanda buah jambu biji yang siap panen. Terkadang, memang buah yang sudah matang tidak terlalu terlihat berbeda dengan buah yang belum matang. Hal tersebut dapat menyebabkan buah yang belum matang ikut terpanen sebelum waktunya.

Buah yang sudah matang biasanya memiliki kulit berwarna hijau muda atau kuning kehijauan. Kulit buah juga tampak mengilap. Sebelum dipanen, Anda bisa mengendus buah tersebut. Jika sudah keluar aorma harum buahnya, buah tersebut sudah bisa dikatakan matang.

Buah yang sudah matang akan terasa manis dengan tekstur daging buah yang agak lunak. Jika buah dipanen ketika sudah sangat tua, justru tekstur daging berubah menjadi sangat lunak. Ada beberapa jenis jambu biji yang harus dipanen ketika sudah benar-benar masak karena rasa buah bisa mengalami perubahan ketika dipanen sebelum masak.

Baca Juga:  Mengenal Varietas Bunga Krisan yang Cantik

Setelah mendapatkan buah yang sudah matang, langkah selanjutnya adalah panen. Panen buah jambu biji dapat dilakukan cara digunting dengan gunting tanaman. Kegiatan panen jangan sampai terlambat karena bisa mengundang hewan pemakan buah jambu biji datang ke kebun.

 

 

 

 


loading...