Ciri-ciri Burung Pleci yang Bagus untuk Kontes

Pertanianku — Tidak semua burung pleci bisa diikutkan kontes, hanya pleci tertentu yang sudah memenuhi kriteria burung unggulan. Pleci yang akan dikonteskan tidak perlu khusus didatangkan dari suatu wilayah, burung tersebut bisa datang dari mana saja. Hal serupa juga terjadi pada ras atau jenis burung. Setiap ras dan jenis punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

burung pleci
foto: Pixabay

Hal utama yang perlu Anda perhatikan saat memilih burung untuk kontes adalah memahami kriteria burung yang dianggap baik. Burung tersebut harus memiliki prospek untuk dijadikan burung kontes. Berikut ini beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan saat memilih burung pleci.

Kelamin burung

Burung pleci yang akan dikonteskan harus berkelamin jantan. Hal ini karena pleci jantan memiliki suara yang lebih keras dan bervariasi.

Postur tubuh besar dan bagus

Pleci yang bagus memiliki postur tubuh yang besar. Ukuran tubuh yang besar dapat merepresentasikan suara kicau yang juga besar. Selain postur yang besar, pleci tersebut harus memiliki postur yang cukup bagus saat dipandang, yakni terlihat panjang, leher jenjang, dan dapat berdiri selalu tegak.

Tidak cacat

Pleci yang akan dikonteskan sebaiknya tidak cacat, terutama di bagian kaki terlihat sempurna. Kecacatan yang ada pada tubuh pleci dapat mengurangi gaya atau penampilannya meski dapat mengeluarkan suara dengan kualitas yang bagus.

Sudah cukup dewasa

Ketika Anda memilih burung kontes, sebaiknya pilih burung yang sudah dewasa. Umur dapat menentukan kualitas suara, mental, dan penampilan. Pleci yang sudah dewasa memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, suara yang dikeluarkan keras dan lantang, kemungkinan dapat rajin berkicau dalam waktu pemeliharaan yang relatif singkat, kondisi mentalnya lebih baik, serta variasi suara cukup banyak.

Baca Juga:  Cara Mencegah Burung Kenari Stres

Memang sudah menjadi hukum alam bahwa kedewasaan burung akan memengaruhi nalurinya, yakni tidak ingin kalah bersaing dengan yang muda. Burung kicau dikatakan muda bila umurnya masih di bawah enam bulan. Sementara itu, burung sudah termasuk dewasa kalau umurnya sudah lebih dari satu tahun.

Pilih yang selalu berkicau

Saat memilih pleci bakalan, sebaiknya pilih bakalan yang rajin atau selalu berbunyi di antara burung-burung yang lain. Burung yang rajin berkicau umumnya bermental cukup baik.