Seperti Ini Ciri-ciri Ikan Salmon Segar


Pertanianku — Ikan salmon merupakan ikan istimewa dibandingkan dengan jenis ikan lain karena kandungan gizinya yang tinggi berupa asam lemak omega-3. Kendati demikian, Anda harus tahu ciri-ciri ikan salmon segar.

ciri-ciri ikan salmon segar
Pixabay

Ikan salmon di Indonesia diimpor langsung dari Norwegia, negara pembudidaya dan pengekspor ikan salmon terbesar di dunia. Ikan ini biasanya disantap mentah dan tanpa proses olahan, seperti dalam makanan sushi atau sashimi.

Dikutip dari Kompas, Selasa (19/12/2017), Sonny Kurniawan, selaku Direktur Sushi Tei, salah satu gerai sushi di Indonesia menjelaskan bagaimana cara membedakan ikan salmon segar dan tidak. Pengetahuan itu ia sampaikan dalam jumpa pers kerja sama Sushi Tei dengan Norwegian Seafood Council di Mall Ciputra World, Jakarta (23/11).

  1. Bau ikan

Menurut Sony, ikan salmon yang segar memiliki bau amis yang normal dan tidak menyengat. Sebaliknya, ikan salmon yang sudah tidak segar memiliki bau amis yang menyengat.

  1. Warna daging

Selain baunya, ikan salmon segar bisa dilihat dari warna dagingnya. Daging salmon yang segar umumnya berwarna merah muda. Sementara, salmon yang tidak segar berwarna pucat dan ada bintik-bintik cokelat pada dagingnya.

  1. Tekstur

Jika ikan salmon yang Anda beli memiliki tekstur lembek dan saat dimakan langsung hancur di mulut, itu menandakan bahwa ikan salmon tersebut tidak segar. Selain itu, salmon yang berkualitas buruk juga memiliki lendir berlebih.

  1. Warna insang

Insang pada ikan salmon segar biasanya berwarna kemerahan. Jika Anda menemukan ikan salmon dengan warna insang tersebut, bisa diindikasikan bahwa ikan salmon itu segar dan berkualitas bagus. Sementara, salmon yang tidak segar memiliki insang yang berwarna gelap.

Itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri ikan salmon segar. Semoga informasi ini membantu Anda memilih ikan yang berkualitas.

Baca Juga:  3 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Budidaya Lele Dumbo