Ciri-ciri Ikan Segar dan Ikan Busuk

PertaniankuIkan segar termasuk bahan pangan yang mudah mengalami pembusukan apabila tidak ditangani dengan benar. Ikan yang sudah busuk kurang baik untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang berbeda, ikan juga mengeluarkan aroma yang bau. Ikan yang sudah tidak bagus juga bisa membahayakan kesehatan jika tetap dikonsumsi.

ikan segar
foto: Unsplash

 

Masyarakat perkotaan yang jarang mengolah ikan mungkin kesulitan saat membedakan mana ikan yang masih segar dengan ikan yang sudah lama disimpan. Biasanya, ikan yang sampai di pasar di kota-kota besar sudah melalui perjalanan yang cukup panjang sehingga Anda perlu lebih pintar saat memilih ikan.

Berikut ini deretan ciri-ciri ikan segar dan ikan busuk yang harus Anda hindari.

Ikan segar

Kesegaran ikan sebetulnya dapat terlihat dari tampilan mata ikan. Ikan tersebut masih terlihat cerah, bening, dan cembung menonjol. Warna tubuh ikan terlihat lebih terang dan berlendir. Saat bagian insang dibuka, bagian tersebut masih berwarna merah, berbau segar, dan tertutup oleh lendir bening.

Ikan yang masih bagus tidak akan mengeluarkan bau yang mengganggu. Bau yang dikeluarkan masih khas ikan, seperti bau laut atau air tawar.

Jika produk ikan sudah dipotong-potong atau di-fillet, daging ikan akan tampak berwarna putih, padat, dan kenyal. Saat daging ikan ditekan dengan jari, tekanan tersebut tidak akan meninggalkan bekas apa pun pada daging.

Kulit ikan cenderung menempel kuat pada kulit. Bagian dinding ikan masih utuh dan bersifat elastis.

Jika ikan yang dijual ada di akuarium atau kolam, ikan tersebut masih tenggelam di dalam air.

Ikan busuk

Mata ikan yang sudah busuk akan tampak pudar, berkerut, cekung, dan tenggelam. Bagian insangnya tidak berwarna merah, tetapi cokelat/kelabu. Insang ikan mengeluarkan bau asam dan tertutup oleh lendir yang keruh.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Ikan Gabus

Warna tubuh ikan juga sudah mulai memudar dan mengeluarkan lendir kelabu. Kulit ikan cenderung lebih mudah terlepas dari daging.

Ikan yang sudah membusuk mengeluarkan aroma asam dan busuk. Daging ikan yang sudah dipotong akan berwarna kemerahan, terutama di bagian tulang punggung. Jika Anda menekan daging tersebut, akan terlihat jelas bekas tekanan tersebut.

Isi perut ikan yang busuk menggelembung dan akan pecah sehingga isi perut keluar dan lembek. Ikan yang sudah busuk akan terapung di permukaan air.