Ciri-ciri Induk Ayam Petelur yang Mampu Menghasilkan Telur Berkualitas dan Banyak

Pertanianku — Salah satu upaya untuk menghasilkan telur berkualitas dan banyak adalah menggunakan induk ayam petelur yang berkualitas dan mampu menghasilkan hasil produksi seperti yang diinginkan. Sebenarnya, kemampuan induk ayam petelur menghasilkan telur bisa dilihat dari ciri-ciri seperti di bawah ini.

induk ayam petelur
foto: pexels

Jengger dan pial

Induk ayam yang mampu menghasilkan telur berkualitas biasanya memiliki jengger dan pial yang lebar, berwarna kemerah-merahan, hangat, tampak bercahaya, basah berminyak, seperti terdapat lapisan lilin, dan bentuknya roboh ke samping.

Kepala atau muka

Bentuk kepala induk ayam yang sebaiknya Anda gunakan adalah lebar, bersih, dan halus seperti berminyak.

Mata

Anda juga bisa mengidentifikasi induk ayam berdasarkan bentuk mata. Induk ayam berkualitas memiliki bentuk mata yang bulat, jernih, dan cerah bercahaya.

Dubur

Pilihlah induk ayam yang memiliki dubur berbentuk lebar, basah, tampak elastis berwarna merah muda atau agak keputih-putihan.

Perut dan dada

Pada bagian perut dan dada ayam tampak lebar, halus berisi, elastis, dan lunak

Kulit

Induk yang mampu menghasilkan telur berkualitas memiliki kulit yang tampak halus, berminyak, dan longgar.

Bulu

Pada bagian bulu ayam tampak padat, lengkap atau utuh, tidak lusuh atau kusam, serta mengilap.

Kaki

Pilihlah induk ayam yang memiliki kaki berwarna kuning keputih-putihan atau putih kekuning-kuningan, ketinggian kaki sedang, tetapi tidak terlalu pendek dan tidak terlalu tinggi.

Sifat

Selain dari bentuk fisik, Anda juga bisa mengamati induk ayam petelur dari sifat yang dimiliki. Induk yang sehat dan mampu menghasilkan telur berkualitas biasanya memiliki tingkah laku yang lincah, ringan, suka bersuara, dan aktif mencari makan. Badan ayam pun tampak berisi.

Induk ayam yang berkualitas juga memiliki masa bertelur yang cukup lama hingga satu bulan dan menghasilkan 25—28 butir. Bentuk badan tampak agak panjang, punggung tubuh penuh berisi, serta dada lebar dan dalam. Jika diraba, bagian perut terasa lunak, halus, dan penuh.

Baca Juga:  SIJALU, Aplikasi Layanan Balai Inseminasi Buatan Lembang

Pada bagian paruh berwarna kuning keputih-putihan atau putih kekuning-kuningan dan terkadang terdapat goresan hitam.


loading...