Ciri-ciri Induk Belut yang Siap Memijah

Pertanianku — Proses pemijahan belut baru bisa terjadi ketika induk belut sudah matang gonad. Umumnya, ukuran induk belut betina dan jantan akan berbeda. Perbedaan ukuran tersebut disebabkan oleh perbedaan umur.

induk belut
foto: pertanianku

Induk betina yang sudah matang gonad memiliki ciri antara lain kepala dan tengkuk yang berukuran kecil, tubuhnya berwarna hijau muda pada bagian punggung dan putih kuning di bagian perutnya, kondisi perut halus dan bening bila sedang bertelur, serta panjang badannya kurang dari 30 cm.

Sementara itu, belut jantan yang telah matang gonad, berciri-ciri kepala dan tengkuk yang besar, tubuhnya berwarna keabu-abuan, sisi perut kasar dan tidak bening, serta panjang tubuhnya lebih dari 40 cm.

Pada masa pemijahan, belut umumnya menjadi hewan yang teritorial atau hewan yang memiliki kekuasaan sendiri. Dengan demikian, Anda perlu menyiapkan kondisi yang nyaman bagi belut agar proses pemijahan bisa berlangsung. Induk akan merasa nyaman jika media kaya nutrisi, gembur, liat, dan tidak mudah runtuh. Selain itu, selama proses pemijahan tidak boleh ada gangguan, termasuk saat memberikan pakan.

Banyaknya induk belut yang dimasukkan ke wadah pemijahan adalah 1 ekor jantan dan 4 ekor betina untuk kolam seluas 1 m2. Sementara itu, untuk kolam seluas 10 m2 bisa diisi oleh 10 ekor belut jantan dan 40 ekor belut betina.

Induk belut sebaiknya ditebar pada sore hari atau menjelang magrib. Hal ini karena belut merupakan ikan nokturnal yang aktif pada malam hari. Apabila penebaran dilakukan pada pagi atau siang hari, dikhawatirkan membuat induk stres. Induk yang stres bisa tidak mau melakukan pemijahan.

Selain waktu, Anda juga perlu memerhatikan cara penebaran induk. Penebaran induk dilakukan dengan memasukkan induk ke wadah kecil seperti ember, kemudian masukkan ember tersebut ke wadah pemijahan. Ketika penebaran, biarkan induk keluar sendiri dari dalam ember untuk masuk ke wadah pemijahan.

Baca Juga:  Pasar Ikan Fandoi, Upaya Pemerintah Menggairahkan Ekonomi Biak Numfor

Setelah induk masuk ke wadah pemijahan, berikan induk pakan tambahan seperti ikan cere atau cacing. Jumlah pakan tambahan yang diberikan secukupnya saja. Pasalnya, nutrisi yang dibutuhkan oleh belut dipenuhi dari pakan utama.