Ciri-ciri Induk Kucing akan Melahirkan

Pertanianku — Induk kucing yang sedang hamil harus dirawat dengan baik agar anak kucing bisa lahir dengan selamat dan sehat. Induk kucing sebaiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan kehamilannya untuk menentukan proses melahirkan yang bisa dilakukan, normal atau caesar. Sebagai pemilik, Anda harus mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan saat menantikan induk kucing melahirkan.

induk kucing melahirkan
foto: Pixabay

Pada umumnya induk kucing dapat melahirkan setelah sembilan minggu perkawinan. Namun, jika Anda tidak mengetahui dengan pasti kapan kucing kawin, tanggal kelahiran bisa diprediksikan enam minggu setelah terjadi perubahan warna dan ukuran pada puting susu.

Ketika induk kucing yang Anda miliki sudah terlihat ingin melahirkan, sebaiknya sediakan kotak khusus yang nyaman sebagai tempat persalinannya. Usahakan kotak tersebut cukup besar agar muat ditempati oleh induk dan anak-anak kucing yang baru dilahirkan. Buat suasana kandang menjadi tenang agar induk bisa beristirahat dengan tenang.

Induk yang sudah mendekati proses melahirkan akan terlihat gelisah, induk terlihat mondar-mandir di dekat kotak persalinan dan mencari-cari tempat yang nyaman baginya untuk melahirkan. Jika Anda periksa lebih detail lagi, ritme napasnya terlihat lebih kencang daripada biasanya. Periksa juga bagian alat kelaminnya. Induk yang sudah siap melahirkan akan mengeluarkan lendir dari alat kelaminnya.

Secara alami induk kucing bisa melahirkan anak-anaknya sendiri tanpa bantuan manusia. Hanya ada beberapa kasus kelahiran yang tidak normal sehingga membutuhkan bantuan manusia. Oleh karena itu, induk kucing sudah harus dibawa ke dokter saat terdeteksi hamil.

Anda bisa membantu merobek plasenta yang masih membungkus anak kucing yang baru dilahirkan. Pegang dengan kedua tangan karena cairan ketuban tersebut sangat licin. Segera bersihkan dengan kain bersih dan gosokkan kain ke punggung kucing secara hati-hati agar kucing bisa bernapas dan merasa hangat.

Baca Juga:  Tyto Alba, Musuh Alami Tikus yang Sangat Tangkas

Bila perlu, lakukan penyedotan dengan selang di hidung anak kucing hingga tarikan napasnya bisa terlihat normal. Oleskan alkohol di atas ari-ari dan ikat ari-ari yang masih menempel, sekitar 1 cm dari pusar dengan benang jahit operasi. Selanjutnya, potong ari-ari dengan jarak 1 cm dari ikatan. Potongan ari-ari tersebut bisa diberikan pada induk sebagai sumber nutrisi untuk merangsang keluarnya air susu.

Setelah itu, bersihkan induk, terutama di bagian puting susunya. Lalu, masukkan induk ke kotak tempat anak-anak kucingnya dan biarkan anak kucing mendekat ke induknya untuk belajar mengisap susu.


loading...