Ciri-ciri Kambing Etawa yang Bagus untuk Kontes

Pertanianku — Kontes kambing sering diadakan untuk mencari bibit kambing terbaik dan menjaga kelestarian kambing. Kambing etawa menjadi salah satu jenis kambing yang dikonteskan karena dinilai memiliki performa yang baik. Kambing etawa kontes sedikit berbeda dengan kambing ternak karena kambing ini harus memiliki penampilan yang bagus dan jinak.

kambing etawa kontes
foto: Pertanianku

Berikut ini beberapa kriteria umum kambing etawa yang bagus untuk dibuat kontes.

Postur tubuh

Postur tubuh kambing etawa tinggi, panjang, besar, dan padat seimbang. Jika kambing dilihat dari depan dan belakang, akan terlihat sama besar sehingga bentuknya ideal.

Bentuk kepala

Bentuk kepala kambing etawa yang bagus untuk diikutkan kontes harus besar, pendek, dan cembung setengah lingkaran.

Telinga kambing

Umumnya, telinga kambing etawa berukuran panjang, melipat, lebar, lurus, lentur, dan tidak bergelombang atau keriting. Lipatan yang terdapat pada bagian luar dan dalam kuping kambing harus simetris.

Pola warna

Pola antara 2—3 warna pada tubuh kambing harus memiliki keserasian yang bagus sehingga pola tersebut memiliki nilai seni.

Rewos/jibrak

Bulu bagian belakang bersih, panjang, lebar, dan bergelombang menjuntai ke bawah.

Bulu

Bulu kambing yang bagus untuk diikutkan dalam kontes harus bersih, mengilat, dan lebat merata di seluruh badan.

Leher

Leher atau gelambir kambing yang bagus berukuran panjang, besar, dan padat. Pada leher tersebut terdapat gelambir yang lebar membentuk variasi yang baik atau serasi sehingga gelambir tersebut tidak merusak penampilan kambing.

Tanduk

Tanduk kambing yang akan dikonteskan harus besar, kokoh, dan pipih. Nilai yang akan didapatkan bisa lebih baik apabila tanduk kambing memiliki variasi seperti melingkar ke samping dan mengarah ke depan.

Ekor

Bagian ekor kambing berbonggol tebal, panjang, berdiri tegak, dan variasi bulu pada bagian tersebut lebat.

Baca Juga:  Kementan Mulai Siaga dengan Penyakit Hewan LSD

Kaki

Kaki kambing harus kokoh, besar, serasi, dan tidak berbentuk X atau O.

Testis atau ambing

Testis kambing terlihat besar, sedang, dengan variasi bentuk W. Sementara itu, pada ambing betina harus besar dan lentur. Variasi puting pada ambing betina harus terlihat sama.