Ciri-ciri Lokasi yang Tepat untuk Beternak Kelinci

Pertanianku— Menentukan lokasi yang tepat untuk beternak kelinci tidak begitu sulit karena kelinci merupakan hewan yang mudah beradaptasi dengan berbagai bentuk kandang. Namun, Anda harus memerhatikan kondisi di sekitar kandang, apakah sudah memenuhi syarat kesehatan dan kebutuhan hidup kelinci atau belum.

beternak kelinci
foto: Pertanianku

Faktor lain yang harus Anda perhatikan adalah letak kandang kelinci, di dalam ruangan atau di luar ruangan. Faktor ini sangat penting karena berkaitan erat dengan sinar matahari. Kelinci harus mendapatkan sinar matahari sehingga Anda harus bisa membuat sinar matahari masuk ke kandang.

Sinar matahari dibutuhkan untuk mengeringkan bulu-bulu kelinci, membunuh kuman-kuman penyakit yang berada di dalam kandang, dan menjadi penerang ketika siang hari. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat penggunaan listrik karena tidak perlu menyalakan pencahayaan di siang hari, cukup pada malam hari atau saat hari sedang mendung.

Kelinci sangat membutuhkan sinar matahari pagi. Oleh karena itu, kandang sebaiknya dibuat menghadap ke timur, utara, atau selatan agar bisa mendapatkan sinar matahari pagi secara sempurna.

Pembuatan kandang harus memerhatikan intensitas cahaya yang masuk ke kandang karena kelinci lebih tahan terhadap suhu tinggi dibandingkan suhu panas. Jika intensitas cahaya matahari yang masuk terlalu banyak, suhu di dalam kandang bisa tinggi sehingga menyebabkan kelinci mudah terserang penyakit.

Untuk mencegah tingginya suhu di dalam kandang, gunakan sistem ventilasi yang bagus. Ventilasi juga berfungsi untuk mengatur keluar-masuk udara sehingga udara kotor di dalam kandang bisa digantikan dengan oksigen dari luar.

Suhu lokasi yang bisa digunakan untuk beternak kelinci adalah suhu sejuk berkisar 15—20°C. Sistem ventilasi kandang sempurna, tingkat kekeringan kandang sekitar 60—90 persen, kondisi lingkungan tenang, dan lokasi ternak tidak jauh dari rumah.

Baca Juga:  Pakan Hijauan yang Bagus untuk Kambing

Lokasi peternakan yang terlalu jauh dari rumah dapat menyulitkan pekerja yang harus mengontrol dan merawat kelinci setiap harinya. Selain itu, lokasi kandang yang dekat dari rumah dapat memudahkan pekerja untuk mengetahui lebih dini permasalahan yang bisa saja timbul di dalam kandang, seperti kelinci yang sakit atau ada hewan liar yang menyusup masuk ke kandang.


loading...