Ciri-ciri Love Bird Unggulan yang Cocok Ikut Kontes

Pertanianku — Mencari lovebird unggulan yang dapat dikonteskan memang tidak mudah. Jenis love bird yang memiliki tipe fighter ada dua, yaitu lovebird kaca mata berbulu hijau Agapornis fischer dan lovebird dengan kepala warna hitam Agapornis personata.

lovebird unggulan
foto: PIxabay

Akan tetapi, saat ini sudah banyak jenis love bird baru yang siap dikonteskan. Lovebird tersebut memiliki warna bulu yang eksotis hasil kawin silang yang dilakukan oleh breeder Eropa, Asia, dan lokal.

Berikut ini beberapa kriteria yang dapat Anda gunakan saat mencari love bird unggulan yang akan dikonteskan.

Kondisi fisik

Lovebird yang pernah meraih posisi juara umumnya memiliki kepala yang terlihat besar, bermata besar dengan pandangan tajam, warna putih yang melingkari matanya terlihat melebar dan bersih, postur tubuhnya besar, serta paruhnya besar kokoh.

Kriteria suara baik

Lovebird unggulan yang bagus dikonteskan sudah terlihat rajin menyuarakan suaranya sejak masih muda. Suara yang dikeluarkan terdengar keras dan memiliki suara trecetan. Suara trecetan yang keluar ada yang panjang monoton dan ada juga yang naik turun, tetapi suaranya terdengar mendatar. Ada juga love bird yang dapat menyuarakannya dengan nada meninggi di bagian ujungnya, suara ini disebut nglagu.

Nglagu lebih sering diincar oleh pencinta love bird. Namun, sangat sulit untuk mendapatkan love bird dengan kriteria suara seperti ini.

Usia siap kontes

Sebenarnya, tak ada patokan khusus pada usia lovebird, burung yang masih muda pun bisa dikonteskan. Saat ini banyak love bird yang relatif masih muda berumur 6–7 bulan sudah banyak tampil di panggung kontes. Namun, sebaiknya konteskan lovebird ketika burung sudah cukup dewasa atau sudah berusia lebih dari satu tahun. Burung yang sudah dewasa cenderung lebih kuat secara fisik dan mental untuk dibawa dalam perjalanan jarak jauh ataupun dekat.

Baca Juga:  Cara Mencegah Burung Kenari Stres

Burung yang masih muda bisa saja sudah memiliki mental juara, tetapi kondisi fisiknya belum tentu sudah benar-benar siap. Umur 8 bulan dinilai ideal bagi love bird untuk melenggang ke kontes setingkat regional.