Ciri-ciri Mangga Chokanan Siap Panen

Pertanianku Mangga chokanan siap panen akan memiliki perubahan fisik, seperti warna kulit buah yang berubah serta tampak seperti berbedak, aroma buah mulai tercium, dan kekerasan buah berkurang. Namun, tanda-tanda tersebut bergantung pada varietas yang digunakan.

mangga chokanan siap panen
foto: pixabay

Pada umumnya, mangga chokanan siap panen akan mengalami perubahan warna kulit dari hijau menjadi kuning serta mengeluarkan aroma harum yang menggiurkan.

Buah mangga chokanan sebenarnya bisa dipanen saat sudah berbentuk buah meskipun belum masak. Namun, buah tersebut tidak bisa langsung dimakan. Buah mangga yang dipanen saat belum matang biasanya akan melalui proses distribusi jarak jauh sehingga buah bisa bertahan lebih lama dan tidak mengalami pembusukan selama di perjalanan. Dengan demikian, buah dapat sampai di tempat tujuan dalam keadaan sudah cukup matang dan bisa dijual.

Loading...

Namun, untuk Anda yang menanam buah mangga chokanan di pekarangan, sebaiknya panen buah saat sudah matang sempurna di pohon. Hal ini karena rasanya akan jauh lebih segar dan nikmat.

Panen mangga chokanan juga bisa dilakukan saat warna buah sudah berubah dan mencapai kesempurnaan. Kalau mangga chokanan, berarti mangga tersebut sudah berubah warna menjadi kuning sempurna.

Kondisi seperti itu dinamakan dengan masak pohon. Buah yang dipanen saat masak pohon bisa langsung dikonumsi. Berbeda dengan jenis mangga unggul lainnya, seperti mangga Irwin dan mangga haden, kedua mangga tersebut harus dibiarkan selama 2—3 hari terlebih dahulu agar tingkat kemanisan buah semakin tinggi, yaitu saat tepung sudah berubah menjadi gula sehingga rasanya jauh lebih manis.

Untuk mangga unggulan seperti mangga chokanan, bisa langsung dimakan pada saat hari panen. Saat itu, buahnya sudah manis sempurna seperti madu.

Baca Juga:  Penyebab Benih Jagung yang Ditanam Tidak Tumbuh

Mangga chokanan merupakan buah yang mudah busuk. Anda harus menyimpan buah yang sudah dipanen di tempat dingin seperti ruangan berpendingin atau lemari es. Suhu yang ideal untuk menyimpan buah chokanan adalah 10°C. Pada suhu tersebut, mangga chokanan bisa disimpan selama 4—9 minggu.

Mangga chokanan dapat tetap terjaga kesegarannya, meskipun sudah dipindahkan ke ruang yang bersuhu sejuk sekitar18—20°C selama 4—7 hari.

Tertarik menikmati manisnya mangga chokanan hasil tanam sendiri? Anda bisa langsung membeli bibit mangga chokanan di Toko Trubus terdekat di kota Anda. Namun, jangan khawatir, Toko Trubus juga melayani pengiriman jarak jauh. Anda dapat membelinya secara online melalui website Toko Trubus dan Tokopedia.

Pada Juli ini ada diskon 20% untuk setiap pembelian produk mangga chokanan di Toko Trubus. Selain bibit tanaman, Toko Trubus juga menyediakan beragam sarana produksi pertanian yang lengkap seperti media tanam, pupuk, pestisida, dan masih banyak lagi. Segera hubungi Toko Trubus sebagai solusi kebutuhan pertanian Anda.

 

Loading...
Loading...