Ciri-ciri Sapi Limousin Betina yang Bagus untuk Dikawinkan

Pertanianku— Pembibitan sapi limousin membutuhkan betina dan pejantan berkualitas. Seleksi sapi limousin betina perlu dilakukan dengan ketat. Seleksi yang ketat diperlukan untuk memperoleh keturunan yang unggul. Penyeleksian dilakukan terhadap calon induk/pejantan sapi limousin asli, persilangan, atau sapi lain yang akan dikawinkan dengan sapi limousin.

Sapi limousin betina
foto: Pixabay

Untuk mendapatkan keturunan sapi yang baik, diperlukan sapi dengan garis keturunan yang baik pula. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat seleksi sapi limousin betina.

Kondisi fisik

Sapi limousin betina yang akan dijadikan induk harus memiliki tubuh yang utuh, kerangka kuat, besar, baik, dan lengkap. Induk sapi betina yang baik memiliki tulang pinggul yang besar dan kuat. Bagian tubuh seperti kepala, mata, hidung, telinga, kaki, dan ekor tidak memiliki cacat sedikit pun.

Kondisi kesehatan

Sapi betina yang akan dijadikan sebagai induk harus sehat. Sapi yang tidak sehat lebih rentan menurunkan penyakit kepada anak yang dilahirkan. Sehat di sini berarti bebas dari penyakit yang bisa terlihat dan dipantau. Kondisi kesehatan bisa terlihat dari kondisi fisik yang tidak memiliki cacat dan dari suara serta dengus napasnya.

Reproduksi

Alat reproduksi sapi betina harus dalam kondisi sempurna dan tidak menunjukkan adanya gejala penyakit kelamin dan saluran peranakan. Saluran kelamin dalam kondisi bersih. Alat reproduksi yang tidak sehat dapat memberikan pengaruh kepada keturunannya. Sapi yang sudah normal akan beranak setiap tahunnya.

Parameter reproduksi sapi bisa Anda lihat dari umur pubertas, calving interval (jarak kelahiran), service per conception (jumlah perkawinan atau inseminasi hingga diperoleh kebuntingan), estrus post partum (berahi setelah beranak), dan siklus estrus.

Kondisi ambing

Anda juga harus memperhatikan kondisi ambing. Ambing yang baik dapat memberikan produksi susu yang maksimal. Susu tersebut sangat dibutuhkan untuk membesarkan anak sapi. Kondisi ambing harus dalam keadaan utuh, tidak cacat, besar, dan dilengkapi puting susu sebanyak 4 buah.

Baca Juga:  Fermentasi Jerami, Pakan Ternak untuk Segala Musim