Ciri-ciri Tanaman Anthurium Dewasa yang Sehat

PertaniankuTanaman anthurium selalu memiliki sisi unik yang tdak akan pernah ada habisnya. Tanaman hias ini sudah menjadi salah satu favorit para hobiis tanaman hias. Tak heran, banyak yang membudidayakannya dalam skala yang besar.

ranaman anthurium
foto: Pixabay

Popularitas anthurium mulai meningkat pada awal kemunculannya, yaitu akhir 2005. Popularitas tanaman hias ini terus bertahan hingga saat ini karena banyak jenis anthurium yang berhasil mencuri hati, seperti anthurium corong dan anthurium bintang kejora.

Tanaman anthurium yang sehat dapat terlihat dari kondisi daun yang berwarna hijau cerah dan segar. Semakin ke atas, ukuran daun semakin melebar. Selain itu, daun anthurium yang sehat terasa lebih tebal, kaku, dan mulus. Bagian pucuk atau daun mudanya terasa mulus. Tentunya, tanaman yang sehat tidak memiliki lembar daun yang sobek atau bolong.

Kondisi kesehatan tanaman anthurium tidak hanya tercermin pada daun tanaman, tetapi juga batangnya. Batang yang sehat akan terlihat kokoh, keras, serta bebas penyakit dan hama. Jika kondisi batang tanaman terasa lembek, berarti batang tersebut sangat mudah terkena busuk.

Bagian lain yang perlu diperhatikan dari tanaman anthurium ialah akar tanaman. Akar yang sehat akan berwarna cokelat kehijauan. Akar tersebut akan tumbuh menyebar dan tidak saling melilit satu dengan lainnya.

Tanaman yang sehat tidak terserang oleh kutu atau hama lain yang bisa merusak penampilan tanaman. Jika pada tanaman dijumpai bintik-bintik putih atau benang-benang putih halus di daun, kemungkinan besar tanaman tersebut sudah terserang kutu.

Tanaman yang sehat cenderung terlihat bersih pada semua bagian, mulai dari daun hingga batang. Bagian-bagian tersebut terbebas dari debu atau kotoran.

Selain kondisi fisik, pertumbuhan tanaman yang normal juga bisa menandakan tanaman anthurium tersebut sehat. Pertumbuhan yang normal ditandai dengan akar yang tidak menyembul ke permukaan media atau menjulur ke luar melalui lubang yang berada di dasar pot. Selain itu, ukuran tanaman akan sesuai dengan umur. Jadi, ukuran tanaman tidak lebih kecil atau lebih besar dari umurnya.

Baca Juga:  Kiat Membuat Tanaman Buah Tin Rajin Berbuah

Tanaman anthurium yang sehat memiliki pertumbuhan yang subur. Kesuburan tanaman ditandai dengan daun-daun yang rimbun dan muncul tunas baru.