Ciri-ciri Tanaman Bonsai, Kerdil Belum Tentu Bonsai

Pertanianku — Bonsai merupakan pohon kecil yang berada di dalam pot. Pada dasarnya bonsai merupakan seni mengerdilkan tanaman di dalam pot dengan bentuk yang sesuai seperti pohon aslinya. Tanaman bonsai ini terbilang karya seni bernilai tinggi karena hanya bisa dinilai dengan jiwa seni pula.

tanaman bonsai
foto: Pixabay

Bonsai mulai muncul di Jepang sejak masa pemerintahan Kamakura (1192—1333). Pada masa tersebut muncul ilustrasi tentang tanaman bonsai di dalam gambar yang dimiliki oleh pendeta Honen.

Dari ilustrasi tersebut menunjukkan pohon-pohon dalam bentuk alami yang ditanam di dalam wadah kecil dan diperagakan di atas sebuah papan. Ilustrasi tersebut menerangkan bila bonsai merupakan karya seni untuk kepuasan.

Ukuran yang kecil disebabkan oleh pengerdilan dan pembentukan yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, bisa sampai bertahun-tahun. Proses paling penting dari bonsai adalah pembentukan karena kegiatan ini berlangsung sepanjang kehidupan tanaman.

Namun, tidak semua tanaman kerdil yang berada di dalam pot itu merupakan tanaman bonsai. Suatu tanaman bisa dikatakan bonsai apabila telah memenuhi beberapa tiga syarat utama, yakni ukuran, bentuk, dan umur. Apabila ketiga syarat tersebut sudah terpenuhi semuanya, tanaman akan terbentuk bonsai yang memiliki nilai seni.

Namun, penggemar bonsai biasanya hanya menitikberatkan pada syarat bentuk karena bisa menghasilkan nilai estetika yang tinggi.

Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai ketiga syarat tersebut.

Ukuran

Ukuran pohon bonsai reatif kecil, sangat kecil, atau kerdil. Relatif kecil, bukan berarti tanaman kecil. Bisa jadi ada bonsai yang mencapai 1,5 meter apabila tanaman tersebut di habitat aslinya bisa tumbuh mencapai puluhan meter.

Bentuk

Bentuk bonsai wajar seperti bentuk aslinya di alam. Selain itu, bentuk tanaman harus ada keseimbangan dalam pertumbuhan akar, batang, cabang, dan ranting sehingga serasi ketika dipandang.

Baca Juga:  Lakukan Ini Sebelum Menanam Cabai

Umur

Umur tanaman tampak tua atau umurnya memang tua. Tampak tua berarti tanaman tersebut tidak harus tua. Bisa jadi tanaman tersebut baru berumur belasan tahun, tetapi sudah tampak berumur ratusan tahun.