Ciri-ciri Varietas Tomat yang Unggul

PertaniankuVarietas tomat unggul dibutuhkan oleh petani agar dapat merasakan hasil panen tomat yang melimpah. Tomat merupakan tanaman yang menyerbuk sendiri. Ada dua jenis varietas unggul yang bisa dihasilkan dari tanaman yang menyerbuk sendiri, yaitu varietas galur dan varietas hibrida.

varietas tomat unggul
foto: Pertanianku

Kriteria varietas tomat yang unggulan adalah daya hasil yang tinggi, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, toleransi dengan cekaman lingkungan abiotik, umur yang genjah, mutu buah yang dihasilkan, daya simpan yang lebih lama, bentuk tanaman sesuai dengan keinginan, dan memiliki keunikan organ vegetatif dan generatif.

Produktivitas tinggi

Tanaman yang tidak memiliki produktivitas tinggi tidak akan dilirik oleh pelaku usaha budidaya. Produktivitas tomat dikatakan tinggi apabila bisa menghasilkan minimal 2,5 kg per tanaman atau 50 ton buah segar dari 1 hektare tanah.

Tahan terhadap serangan hama dan penyakit

Tanaman tomat yang unggul pasti memiliki kelebihan berupa tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit merupakan musuh yang nyata bagi para petani sehingga dibutuhkan varietas unggul yang bisa tahan terhadap kedua permasalahan tersebut. Apalagi, untuk musim hujan ketika tingkat kelembapan sedang tinggi.

Tahan terhadap cekaman abiotik

Tidak semua daerah memilki kondisi lahan yang optimal untuk digunakan sebagai lahan budidaya. Tomat yang bisa tahan terhadap lahan kering, memiliki salinitas tinggi, pH tanah rendah, atau suhu lingkungan yang tidak sesuai merupakan varietas tomat yang unggul.

Daya simpan

Daya simpan tomat yang lama dapat menguntungkan petani ketika komoditas tersebut harus diangkut dengan jarak tempuh yang jauh.

Kualitas buah

Buah tomat yang dihasilkan memiliki kualitas yang sesuai dengan preferensi konsumen. Karakter unggul tomat segar adalah bobot buah segar lebih dari 100 gram, rasa buahnya manis dengan gula reduksi 4,25—5,0 persen, kadar keasamannya hanya sekitar 0,34—0,37 persen, mengandung air hingga 92—93 persen, daya simpan lebih dari tujuh hari, serta buahnya kenyal atau renyah.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Rakit Apung

Sementara itu, tomat industri unggul memiliki kriteria seperti padat total terlalu tinggi lebih kurang 4,5brix, pH rendah sekitar 4,4, kompak, mudah dikuliti, tahan terhadap pecah buah, dan warnanya merah cerah.


loading...