Cold Storage Muara Baru Ekspor 367,63 Ton Ikan

Pertanianku — Gudang beku atau cold storage merupakan salah satu fasilitas penting yang disediakan untuk menjaga kualitas produk kelautan dan perikanan. Cold storage Muara Baru baru-baru ini mengekspor 367,63 ton ikan ke mancanegara. Kapasitas cold storage ini sendiri sebesar 1.000 ton sehingga mampu memenuhi ketersediaan produk perikanan, baik untuk dalam negeri maupun ekspor.

cold storage
foto: pixabay

“Kesegaran ikan dapat terjaga, karena proses pembekuan ikan dengan suhu dingin tidak mengurangi nilai gizi ikan, misalnya protein, lemak, dan vitamin larut lemak, seperti A dan D,” jelas Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo, seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Sejak Januari hingga awal bulan Juni, volume ikan yang dikeluarkan dari cold storage di Muara Baru sebanyak 559,52 ton untuk dilepas ke pasar lokal dan 367,63 ton untuk dilepas ke pasar ekspor dengan negara tujuan Tiongkok, Jepang, dan Korea. Total ikan yang sudah dikeluarkan sebanyak 927,15 ton dengan total keuntungan yang didapatkan sebesar Rp638.297.408.

Loading...

“Patut kita syukuri bahwa keluar masuknya ikan dari cold storage 1.000 ton ini menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi dari sektor perikanan tetap menggeliat di tengah pandemi Covid-19,” sambungnya.

Pada Sabtu, 4 Juli 2020, ekspor dilakukan oleh PT Jaladhi Hitah Abadi. Perusahaan tersebut mengirimkan produk perikanan sebanyak 11,46 ton dengan jenis ikan tenggiri, kakap merah, dan tuna ke Tiongkok. Selain itu, ada juga CV Putri Dahlia yang mengekspor ikan cakalang sebanyak 27 ton ke Vietnam.

Di tengah pandemi, aktivitas ekspor perikanan tetap berjalan normal karena perikanan merupakan salah satu produk pangan yang dapat memberikan gizi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, Presiden Jokowi sudah mengeluarkan anjuran kepada masyarakat untuk mengonsumsi ikan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Mentan Luncurkan Kartu Petani di Lampung

Cold storage Muara Baru dibangun dengan dana APBN di atas lahan milik KKP seluas 8.885 meter persegi. Luas bangunan gudang beku ini 5.619 meter persegi yang terdiri atas dua lantai. Adapun fasilitas yang tersedia di dalamnya adalah 6 unit cold storage berkapasitas 50 ton, 1 unit kapasitas 100 ton, dan 2 unit berkapasitas 300 ton. Selain itu, gudang beku ini dilengkapi dengan dry storage, ruang packing, dan lahan parkir yang luas.

 

 

Loading...
Loading...