Community Tank dan Paludarium


Pertanianku – Meskipun arwana dikenal sebagai ikan yang bersifat soliter, tetapi ternyata ikan ini juga bisa hidup bersama dalam satu akuarium. Beberapa hobiis menyebutnya dengan istilah communit tank. Nilai plus dari community tank adalah mampu menghemat tempat dan biaya pemeliharaan. Selain itu, adanya sejumlah arwana dalam satu akuarium besar akan menaikkan gengsi si pemilik.

Community Tank dan Paludarium

Community tank bukan tanpa masalah. Mengingat sifat dasar dari arwana adalah soliter dan termasuk ikan yang cukup ganas, sebaiknya jumlah ikan dalam satu wadah dalam jumlah banyak, minimal 10 ekor. Jika jumlah arwana yang dimasukkan hanya sedikit, arwana akan kanibal.

Tips lain agar arwana tidak kanibal adalah dengan menggabungkan ukuran dan umur arwana yang seragam. Ukuran seragam pada arwana juga memungkinkan ikan akan mendapatkan jatah jumlah makanan yang sama sehingga diharapkan tingkat pertumbuhannya juga akan seragam.

Peluang kanibal juga bisa diperkecil dengan mencampurkan arwana yang berasal dari induk yang sama. Serupa dengan community tank, paludarium merupakan jenis akuarium yang berukuran relatif besar sehingga mampu menampung akuarium dalam jumlah banyak. Umumnya, paludarium juga dilengkapi dengan lanskap yang indah, terutama didominasi oleh tanaman hias air. Kondisi ini masih dipermanis dengan tampilan akuarium yang memang elegan. Tak heran bila paludarium secara keseluruhan tampil estetis. Dengan ukuran yang relatif besar, pertumbuhan arwana akan relatif lebih cepat.

 

Sumber: Buku Arwana

 

Baca Juga:  Begini Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Baik dan Benar
loading...
loading...