Coriander, Sage, dan Dill Ternyata Cocok untuk Masakan Ini

PertaniankuPernahkah Anda memasak menggunakan coriander, sage, dan dill? Ketiga jenis daun ini merupakan daun yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan, terutama pada masakan barat. Aromanya yang khas membuat masakan semakin menggugah selera.

Daun coriander sering juga disebut sebagai cilantro. Daun ini merupakan daun dari rempah ketumbar. Sementara, sage merupakan daun dengan permukaan berbulu. Daun ini sendiri punya manfaat kesehatan. Lain halnya dengan dill. Daun ini sangat terkenal di Eropa sebagai bumbu masakan dan bisa membantu mengatasi sakit perut.

Penggunaan ketiganya masih sangat jarang di Indonesia. Tapi, tidak ada salahnya bila Anda ingin menggunakan ketiganya sebagai bumbu masakan. Berikut ini cara pengunaan yang tepat coriander, sage, dan dill agar masakan Anda semakin lezat.

Loading...

Coriander

coriander sage dan dill
Foto: pixabay

Di Thailand, penggunaan coriander sering ditemui pada masakan tom yam. Sementara di Lebanon, coriander sering digunakan untuk membuat hummus atau dipping saus. Guacamole, dipping sauce dari Meksiko juga kadang menggunakan coriander sebagai tambahan. Begitu pula dengan beberapa menu pasta khas Italia dan berbagai masakan Cina.

Sage

coriander sage dan dill
Foto: freepik

Sage digunakan sebagai bumbu masakan daging kambing di Laut Tengah, Arab, dan Eropa. Di Prancis, sage digunakan pada masakan daging panggang. Di Inggris, daun yang satu ini digunakan sebagai pewarna alami keju. Sementara, masyarakat Jerman menggunakan sage sebagai bumbu daging ham dan sosis.

Tak mau ketinggalan, Italia pun memanfaatkan sage untuk bumbu saltimbocca, yaitu sejenis olahan daging ayam yang digulung dengan bumbu rempah. Sage juga digunakan pada olahan osso bucco, yaitu buntut sapi dengan bumbu saus merah. Masyarakat Cina menggunakan sage pada masakan dari daging domba.

Dill

coriander sage dan dill
Foto: pixabay

Daun dill biasa digunakan sebagai bumbu pada ikan salmon. Selain itu, dill juga bisa dijadikan bahan pada olahan ikan tuna. Hal ini untuk mengurangi bau anyir pada ikan. Daun berbentuk jarum ini juga bisa digunakan sebagai bumbu sup dan acar. Penambahan cincangan daun dill segar bisa membantu aroma pada masakan menjadi lebih awet. Berminat mencoba?

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Terung di Lahan

 

 

Loading...
Loading...