CropLife Agriwarta Awards 2018: Apresiasi CropLife Terhadap Publikasi Pers Perkembangan Pertanian


Pertanianku – CropLife Indonesia, organisasi nonprofit yang membawahi delapan perusahaan pestisida multinasional, akan mengumumkan dan memberikan penghargaan CropLife Agriwarta Awards 2018 pada Selasa, 6 Maret 2018 bertempat di Hotel Aston, Jakarta Selatan. Lomba penulisan berita bertajuk Tata Kelola Penggunaan Produk dan Perlindungan Tanaman/Pestisida yang Aman dan Berkelanjutan (Stewardship Program) merupakan bagian dari kegiatan CropLife yang berfokus pada edukasi dan kampanye positif tentang penggunaan produk perlindungan tanaman.

Penjurian lomba yang dilakukan oleh internal CropLife Indonesia, perusahaan anggota CropLife, dan Karsa ini memilih 3 berita atau artikel dari kategori media nasional dan media khusus pertanian yang memenuhi kriteria berikut.
1. Memenuhi kaidah jurnalistik
2. Meningkatkan pengetahuan dan pengertian masyarakat tentang kegiatan pertanian dan perkembangannya di Indonesia
3. Menjelaskan dengan baik usaha CropLife dalam membina pertanian di Indonesia
4. Menggunakan data statistik secara akurat dan tepat

Seperti diketahui, salah satu kerugian yang dialami petani adalah ancaman gagal panen akibat serangan hama dan penyakit. Untuk itu, CropLife mengapresiasi peran media dalam menjembatani masyarakat akan kebutuhan informasi yang faktual, aktual, dan terpercaya dalam penggunaan produk perlindungan tanaman.

“Inovasi dan teknologi produk perlindungan tanaman dan bioteknologi yang aman berorientasi pada kesehatan pengguna dan lingkungan serta berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kualitas subsektor pertanian dan terwujudnya swasembada dan ketahanan pangan,” ujar Agung Kurniawan, Direktur Eksekutif CropLife Indonesia.

Agung meyakini bahwa dengan adanya kerja sama dan bantuan dari media, maka akan mempercepat informasi kepada masyarakat, khususnya petani.

Penyebaran informasi juga tidak melulu didominasi oleh media massa. Saat ini dengan akses internet yang semakin mudah, informasi juga menyebar cepat dan luas melalui media sosial dan aplikasi di smartphone. Dengan begitu, penggunaannya menjadi terobosan baru.

Baca Juga:  Kerja Sama Kementan dan TNI AD Jaga Ketahanan Pangan Indonesia

“Sebagai aplikasi pertanian terdepan di Indonesia, kami bangga untuk bersama-sama CropLife dan Karsa menyebarkan pengetahuan pertanian yang baik di kalangan petani. Kami sangat mendukung usaha ini dan penggunaan teknologi digital secara tepat guna,” tutur Yudha Kartohadiprodjo, pendiri Karsa.

Untuk diketahui, Karsa adalah platform pertanian dalam bentuk aplikasi mobile dan web yang memberikan informasi terlengkap dan tepat waktu yang dibutuhkan oleh seluruh elemen pertanian.