Cuaca Tidak Menentu, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Ini


Pertanianku — Menjelang akhir tahun cuaca memang tidak menentu. Pagi hingga siang menjelang cenderung panas dan sore harinya hujan deras. Terkadang, hujan sepanjang hari dan juga panas. Cuaca yang tidak menentu ini tentunya membuat daya tubuh berkurang dan akhirnya terserang penyakit. Namun, hal ini bisa diatasi dengan asupan makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

daya tahan tubuh
Foto: Pixabay

Ada berbagai sumber makanan yang mampu memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit. Bahan-bahan makanan tersebut terdiri atas buah, sayuran, umbi, dan daging. Berikut ini penjelasan bahan-bahan makanan dimaksud.

  1. Jeruk

Seperti yang kita tahu, jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, membantu meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi.

  1. Brokoli

Brokoli memang terkenal sebagai sayuran paling menyehatkan. Di dalam brokoli mengandung vitamin A, C, E, anti-oksidan, dan serat.

  1. Bawang putih

Jenis sayuran umbi ini menjadi primadona dapur karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih. Kandungan bawang putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebut bahwa bawang putih mampu memerangi bakteri penyebab infeksi, menurunkan tekanan darah, dan memperlambat pengerasan arteri.

  1. Jahe

Rasa jahe yang cenderung hangat seringkali menjadi campuran berbagai masakan di Indonesia, baik makanan maupun minuman. Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi dan mampu mengurangi radang tenggorokan serta rasa mual.

  1. Almond

Jenis kacang-kacangan ini sangat direkomendasikan sebagai camilan pendongkrak sistem kekebalan tubuh. Vitamin E larut lemak yang terkandung dalam almond dapat terserap dengan sempurna oleh tubuh. Kandungan vitamin ini sama seperti vitamin C yang berperan untuk imun tubuh.

  1. Daging ayam

Daging ayam yang diolah menjadi sup mampu membantu tubuh bangkit kembali setelah terserang penyakit. Ini karena daging ayam mengandung vitamin B6 yang tinggi. Asupan vitamin ini sangat penting dalam pembentukan sel darah merah baru.

Baca Juga:  Konsumsi Makanan Organik Bisa Tekan Risiko Kanker