Cyperus Haspan Viviparus L. Tanaman Hias untuk Menekan Pencemaran Air

Pertanianku Cyperus haspan Viviparus L. merupakan tanaman air sejenis rumput-rumputan. Tanaman ini bisa Anda jumpai tumbuh di perairan yang dangkal dan tergenang. Tanaman hias ini juga senang berkembang biak di lahan basah, berpasir, dan asam.

Cyperus Haspan
foto: CC BY-SA 3.0, https://en.wikipedia.org/w/index.php?curid=5841233

Cyperus haspan Viviparus L. ternyata merupakan gulma yang dapat memperbanyak diri dengan cara selain biji, yakni melalui rhizome yang berasal dari akar. Selain itu, bisa dikembangbiakkan melalui kultur jaringan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh bahan tanaman berupa kalus, embriosomatik, ataupun tunas yang akan digunakan untuk menyediakan benih dan transformasi gen.

P. haspan merupakan tanaman perennial dengan akar berserat berwarna merah hingga ungu. Rimpang tanaman berukuran pendek, pertumbuhannya horizontal, batang soliter dengan ujung batang berumbai, tegak, batangnya berbentuk segitiga, dan agak lunak.

Daun selubung terletak di dasar batang dengan panjang 2—10 cm dengan warna hijau pucat hingga cokelat, ungu-cokelat, atau merah hingga ungu. Bunga dalam satu tangkai berjumlah 10—28 dengan panjang sekitar 25 mm berwarna ungu kecokelatan.

Tanaman Cyperus haspan Viviparus L. sering dijadikan sebagai tanaman hias karena penampilan tanaman yang cantik. Namun, manfaat tanaman air ini tidak hanya itu, C. haspan sering digunakan sebagai bahan untuk membuat tikar dan keranjang. Bagian empulur batang tanaman dapat dimanfaatkan sebagai sumbu lampu.

Seluruh bagian tanaman C. haspan dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk membersihkan darah, obat batuk, reumatik, kolera, dyspepsia, dan demam.

  1. haspan juga dapat digunakan untuk menekan pencemaran air. Tanaman air ini dapat diaplikasikan pada limbah cair dari rumah potong hewan (RPH). Berdasarkan hasil penelitian dengan rata-rata biomassa 5,9650 gram tanaman per bak berpotensi menurunkan pencemaran limbah RPH sebanyak 71 persen untuk BOD dan 94 persen TSS selama 10 hari. Tanaman air ini dinilai berpotensial untuk mengolah limbah dengan sistem lahan basah buatan.
Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Bunga Teratai Putih

Di Amerika Serikat, C. haspan banyak terdapat di sepanjang Atlantik dataran rendah dan medium dan Gulf dataran pesisir dari Virginia hingga ke Texas pusat. Tanaman air ini terkenal sebagai salah satu gulma yang sangat merusak di Negeri Paman Sam.