Daerah Indonesia Ini Penghasil Lobster Terbaik

Pertanianku — Olahan lobster jadi salah satu menu paling diminati oleh pencinta hidangan laut. Rasanya yang lezat dan tekstur dagingnya yang lembut membuat lobster jadi primadona hidangan seafood. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ternyata Indonesia punya banyak daerah penghasil lobster lezat.

daerah penghasil lobster
Foto: pixabay

Yogyakarta

Provinsi yang satu ini merupakan salah satu gudang kuliner di Indonesia. Anda bisa menjumpai berbagai olahan seafood segar dari hasil tangkapan laut jika Anda berkunjung ke pesisir selatan Yogyakarta.

Loading...

Lobster umumnya bisa dijumpai di daerah Gunung Kidul. Mulai dari Pantai Nampu, Pantai Drini, hingga Pantai Timang menjadi daerah penghasil lobster yang diperoleh langsung dari laut.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Karena ditangkap langsung dari laut, kesegarannya terjamin. Harganya pun cukup masuk akal, dengan uang Rp250—300 ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati hidangan olahan lobster.

Gresik

Di kabupaten ini, lobster biasa ditemukan di daerah Bawean. Tak hanya soal rasa, ukuran lobster asal Bawean pun juara. Satu ekor lobster bisa memiliki berat hingga satu kilogram.

Di sini, lobster banyak dibudidayakan dalam keramba. Wadah keramba ini dibuat di dekat bibir pantai Pulau Bawean. Umumnya, lobster yang dibudidayakan adalah lobster mutiara dan lobster bambu.

Lombok Tengah

Teluk Awang merupakan salah satu destinasi penghasil lobster terbaik di Indonesia. Nelayan di sini pun lebih banyak berburu hewan bercangkang ini ketimbang ikan. Tentu saja karena harga yang ditawarkan pun fantastis. Satu kilogram lobster Teluk Awang dibanderol Rp500 ribu. Dalam sehari, nelayan bisa mendapatkan ratusan ekor lobster sekali panen.

Cilacap

Daerah Cilacap dan perairannya juga jadi salah satu lumbung lobster terbaik di Indonesia. Tak semahal di lokasi lainnya, lobster di daerah ini dibanderol antara Rp100—150 ribu per kilogram. Oleh karena itu, banyak yang sengaja mencari lobster asal Cilacap ini.

Baca Juga:  Pakan Ikan Bawal yang Bagus

Tak hanya lobster, Cilacap juga jadi salah satu penghasil berbagai jenis udang premium di Indonesia. Mulai dari udang jerbung, udang dogol, hingga udang tiger bisa Anda temukan di sini.

Aceh

Ujung barat negara Indonesia ini juga terkenal dengan lobsternya yang memiliki cita rasa nikmat. Salah satu daerah yang paling populer adalah Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Berbagai jenis lobster premium bisa ditemukan di sini. Mulai dari lobster mutiara, lobster pasir, lobster batu, hingga lobster bambu.

Loading...
Loading...