Daerah Ini Bisa Menjual Ribuan Durian per Harinya


Pertanianku — Pedagang musiman buah durian di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dapat menjual ribuan durian dalam sehari. Hal itu karena buah yang memiliki rasa dan bau yang khas ini memang memiliki banyak peminat.

menjual ribuan durian
Google Image

“Semua kalangan masyarakat menyukai buah durian, terlebih harganya sudah murah dan stoknya sangat banyak,” ujar Musni, salah seorang pedagang durian di Pangkalpinang, Rabu (27/12).

Musni menuturkan, setiap musim durian datang, ia selalu berjualan buah yang memiliki kulit berduri ini karena untungnya cukup besar. Harga durian bervariasi mulai dari Rp10.000 hingga Rp75.000 per buah. Harga biasanya tergantung dengan ukuran dan jenis buah.

“Dalam satu hari saya bisa menjual durian sekitar 1.250 butir. Omset yang saya dapatkan, sekitar Rp10 juta hingga Rp20 juta per hari. Tapi sayangnya, kesempatan ini hanya berlangsung sementara karena durian merupakan buah musiman,” katanya.

Pedagang lainnya, Imron, juga mengalami hal yang sama. Ia ketiban rejeki selama berjualan buah durian. Menurutnya, musim durian yang bertepatan dengan musim liburan menjadi salah satu faktor semakin larisnya buah tersebut.

”Banyak pelancong yang datang berlibur, ikut merasakan nikmatnya durian asal Bangka Belitung,” tutur dia.

Sudah lima tahun lamanya Imron berjualan setiap musim durian. Dalam satu hari ia bisa menjual durian sekitar 1.200 buah dan keuntungan bersih yang didapatkan sekitar Rp5 juta per hari.

“Modal untuk berjualan durian cukup besar, sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta karena harga durian di Babel cukup tinggi dengan peminat yang cukup banyak pula,” tukasnya.

Adapun jenis durian yang ia jual di antaranya lucah, jantung, tembaga, dan banyak lagi jenis lainnya.

“Semoga saja panen durian ini berlangsung lama sehingga keuntungan yang didapatkan dari buah musiman lebih banyak,” harap Imron.

Baca Juga:  Teknik Mudah Pembibitan Buah Naga Agar Hasil Melimpah