Daerah Ini Siap Jadi Sentra Hortikultura


Pertanianku – Sektor hortikultura di Indonesia memang tengah digenjot produksinya. Bahkan, belum lama ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bekerja sama dengan Universitas Lampung tengah bersiap mempersiapkan sentra hortikultura nasional di wilayah tersebut.

Hal ini dilihat dengan potensi pertanian melimpah dan daya dukung sumber daya manusia serta alsintan yang cukup, Lampung menjadi satu-satunya provinsi memiliki klaster hortikultura secara nasional.

“Lampung memiliki lahan dan tanah yang sangat memungkinkan untuk pogram tersebut. Sekarang sentra hortikulutra tersebut sedang diteliti pemerintah pusat,” jelas Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Sutono, di Bandar Lampung, belum lama ini.

Lebih lanjut Sutono mengatakan Pemprov Lampung menggandeng Fakultas Pertanian Unila. Saat ini, keduanya sedang merancang posisi yang tepat untuk sentra hortikultura tersebut.

Sutono yang juga menjabat sebagai ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Lampung mengatakan, Pemprov terus memberikan perhatian kepada pelaku pertanian tidak terkecuali IP3L.

Ia menyatakan pemprov akan memberi ruang untuk IP3L dalam menyumbangkan pemikiran untuk memajukan pertanian di wilayah Lampung.

Menurutnya, penyuluh yang sudah pensiun sebaiknya tidak padam dan tidak surut untuk terus berkarya dan mengabdi di bidang pertanian. Sebab, penyuluh adalah pejuang pertanian. Perhatian Gubernur kepada penyuluh pertanian begitu tinggi. Agar penyuluh berkarya, dana operasionalnya pun ditambah.

Ketua Pengurus IP3L Made Suwetja mengapresiasi upaya Pemprov Lampung kepada anggota IP3L dalam berbagai program pertanian, baik lokal maupun nasional. Berbagai kunjungan pertanian ke daerah lain dapat menambah pengetahuan dan wawasan penyuluh untuk dikembangkan di provinsinya.

Baca Juga:  Populasi Orangutan Kalimantan Mengkhawatirkan
loading...
loading...