Daftar Buah Termahal, Harganya Setara Satu Unit Motor Lho!

Pertanianku — Jika ingin melengkapi kebutuhan nutrisi harian, buah jadi salah satu elemen yang wajib dipenuhi. Namun, bagaimana jika harga buah justru lebih mahal daripada daging bahkan perhiasan? Ya, memang ada sederet buah termahal yang viral di media sosial sehingga membuat orang bertanya-tanya mengapa bisa demikian?

buah termahal
Foto: Google Image

Fenomena durian termahal, yakni jenis J-Queen, sempat membuat heboh dunia. Satu buahnya dibanderol seharga Rp14 juta. Uang sebanyak itu nyaris setara dengan satu unit sepeda motor. Akan tetapi, publik tak boleh lupa bahwa ada sederet buah lain yang harganya tak kalah fantastis seperti berikut ini.

1. Semangka densuke

Jepang memiliki semangka super mahal. Satu buah semangka densuke pernah terjual dengan harga 650 ribu yen atau sekitar Rp83,6 juta pada 2008. Harga semangka ini bisa begitu mahal karena mempunyai kulit sangat gelap dan lebih manis daripada semangka pada umumnya. Tak hanya itu, semangka ini terbilang ‘langka’. Semangka densuke hanya bisa tumbuh di Hokkaido. Tiap tahun, panen semangka densuke hanya sekitar 100 ribu buah.

2. Apel sekai-ichi

Sekai-ichi dalam bahasa Jepang berarti nomor satu di dunia. Apel ini ditanam dengan hati-hati dan dipastikan bebas hama. Bahkan, ada yang menyebut apel dicuci dengan madu untuk memastikan kebersihannya. Per buahnya, konsumen harus mengeluarkan uang sebesar US$21 atau nyaris Rp300ribu.

3. Anggur ruby roman

Bukan anggur biasa, mungkin ini frasa yang tepat untuk menggambarkan anggur ruby roman. Anggur ini ditanam di Perfektur Ishikawa, Jepang. Ukuran anggur sebesar bola ping pong sehingga dijuluki ‘table grapes’. Dilansir dari Fact Verse, anggur ruby roman mulai diproduksi pada 2008. Anggur bisa terjual hingga US$910 atau sekitar Rp12,8 juta per tangkai. Sekarang jika ingin menikmatinya, konsumen harus merogoh kocek hingga US$4 ribu atau sekitar Rp56,3 juta.

Baca Juga:  Perdana, Indonesia Ekspor Buah Naga ke Cina

4. Stroberi sembikiya queen

Stroberi mahal asal Jepang disebut-sebut sebagai stroberi tercantik sedunia. Penampakannya merah segar dengan kulit mengilat. Menyantapnya mungkin hanya akan menimbulkan rasa bersalah. Selusin stroberi dihargai US$85 atau hampir Rp1,2juta.

5. Nanas dari lost gardens of heligan

Sebagai buah tropis, nanas hanya bisa tumbuh di wilayah tropis yang kaya akan sinar matahari. Namun, nanas satu ini justru tumbuh di negeri empat musim Inggris. Nanas dari kebun botani Lost Garden of Heligan, Cornwall, Inggris ini layak punya harga fantastis yakni, US$1.600 atau sekitar Rp22,5 juta per buah.

Nanas bisa tumbuh dan berbuah berkat penerapan teknik Victoria kuno. Nanas ditanam selama dua tahun di bawah jerami, diberi pupuk kandang dan urine kuda. Teknik ini memungkinkan nanas bisa bertahan dari udara dingin Inggris saat musim salju. Waktu penanaman yang panjang dan perlu ketelatenan tinggi membuat nanas tak dijual.

“Kami tidak menjual nanas kami. Nanas dibagikan pada staf untuk berterima kasih atas kerja keras mereka menjaga nanas tetap hidup,” kata pihak kebun botani dikutip dari Huffington Post.

6. Mangga australia

Australia punya mangga termahal di dunia. Di Sydney, selusin mangga northern territory pernah menembus harga US$50 ribu atau sekitar Rp70,4 juta. Harga mangga bisa begitu melambung karena lelang untuk amal. Akan tetapi, jika menginginkan mangga mahal tanpa harus ke acara lelang, Jepang tempatnya. Mangga taiyo no tamago atau secara harfiah diartikan telur di dalam matahari harganya pernah mencapai US$3 ribu atau sekitar Rp42,2 juta per dua buah.

7. Melon yubari

Tak hanya terkenal dengan kelezatan kulinernya, Jepang juga memiliki buah termahal di dunia yakni melon yubari. Nama ‘Yubari’ diambil dari daerah di mana buah ini berasal di Yubari, Hokkaido, dekat dengan Sapporo. Bentuk melon bulat sempurna dengan kulit luarnya lembut. Melon yubari tak jadi konsumsi harian, tetapi sebagai hadiah saat Chugen atau festival arwah.

Baca Juga:  Alpukat Probolinggo Siap Menembus Pasar Global

Melon yubari rata-rata dihargai 10 ribu yen atau sekitar Rp1,2 juta. Namun, pada 2016 harganya pernah memecahkan rekor. Sebanyak dua buah melon harganya 3juta yen atau sekitar Rp385 juta.

Melansir dari All about Japan, harga melon yubari begitu fantastis karena perawatannya yang begitu cermat. Saat tumbuh tunas, bibit melon benar-benar dilindungi dari sinar matahari. Hasilnya, rasa melon sangat manis dan tekstur daging buahnya empuk.

Loading...