Daftar Burung Tercantik di Dunia, Ada yang dari Indonesia Lho!


Pertanianku — Bumi dianugerahi beragam spesies burung yang indah dan menarik. Mereka berperan penting dalam ekosistem dan menjadikan bumi kita menjadi tempat yang menakjubkan. Bahkan, ada beberapa burung tercantik yang dilansir dari berbagai sumber seperti berikut ini.

burung tercantik
Foto: Google Image by Era Baru
  1. Burung merak (Pavo muticus)

Burung khas Indonesia ini memiliki ekor mengembang yang sangat menakjubkan. Ekor indah ini biasanya dimiliki para pejantan untuk menarik perhatian betinanya. Dengan warna dan corak yang khas, merak bisa dengan mudah dinobatkan sebagai salah satu burung tercantik di dunia.

  1. Burung makaw bersayap hijau (Ara chloropterus)

Burung menakjubkan ini terkenal dengan matanya yang berwarna kuning. Selain itu, bulunya pun berwarna cerah nan indah. Mereka biasa ditemukan di hutan dan lahan hijau.

  1. Burung pekaka emas (Pelargopsis capensis)

Burung pekaka emas berasal dari hutan tropis Asia Selatan, terutama Sri Lanka dan India. Burung indah dan menawan ini sering dijadikan objek bagi pengamat burung.

  1. Burung painted bunting (Passerina ciris)

Burung jantan asli dari Amerika ini mudah dikenali dari punggungnya yang berwarna hijau, kepala biru dan tubuh berwarna jingga.

  1. Burung perkici pelangi (Trichoglossus haematodus)

Satu lagi burung indah dan cantik dari Indonesia Timur. Tidak hanya di Indonesia, burung perkici pelangi pun dapat ditemukan di Papua Nugini, Kaledonia Baru, Vabuatu, Kepulauan Solomon, dan Australia. Burung ini terkenal dengan tubuhnya yang berwarna-warni dengan mata yang memesona.

  1. Burung baltimore oriole (Icterus galbula)

Meski kecil dan hanya seberat 35 gram, burung ini punya pesona tersendiri karena punya bulu-bulu yang cerah.

  1. Burung flamingo (Phoenicopterus ruber)

Burung ini hidup berkelompok dan banyak ditemukan di taman dan kebun binatang di belahan bumi timur dan selatan.

  1. Burung makaw hyacinth (Anodorhynchus hyacinthinus)

Burung asli Amerika Selatan ini adalah salah satu spesies makaw terpanjang dengan ukuran 100 cm. Burung ini punya warna bulu biru pekat yang indah.

  1. Burung pegar emas (Chrysolophus pictus)

Burung asal Cina Barat ini punya terkenal sebagai burung yang cantik dengan warna-warnanya yang unik.

  1. Burung quetzal (Pharomachrus)

Burung ini tinggal di pegunungan dan hutan tropis Amerika Tengah. Burung pemakan serangga, buah-buahan dan kadal ini dianggap sebagai burung khas yang cantik. Bahkan, burung quetzal dijadikan burung nasional Guatemala.

  1. Burung hoopoe (Upapa)

Burung ini terkenal karena memiliki susunan bulu indah di kepalanya dan menyerupai mahkota.

  1. Burung puffin atlantik (Fratercula arctica)

Burung ini terkenal karena paruhnya yang berwarna cerah. Burung ini termasuk spesies burung laut yang tinggal di Samudra Atlantik.

  1. Burung jay biru (Cyanocitta cristata)

Burung kecil ini punya bulu-bulu dengan gradasi warna biru yang menawan. Burung jay biru biasa jadi pengganggu bagi burung-burung kecil lainnya.

  1. Burung kolibri broad-billed (Cynanthus latirostris)

Burung menarik ini punya warna biru mengilat dan membentang dari tenggorokan hingga ke perut.

  1. Burung cendrawasih (Paradisaea)

Burung yang banyak bersembunyi di hutan tropis ini bisa kamu temukan di Indonesia Timur, pulau-pulau di selat Torres, Australia Timur, dan Papua Nugini. Burung ini punya keistimewaan bulu yang memanjang dan rumit dari paruh, sayap, dan juga kepalanya.

Baca Juga:  Tips Memelihara Kuda Laut dalam Akuarium