Daftar Jenis Sayuran Paling Menyehatkan

Pertanianku — Penting untuk mendapatkan manfaat sayuran bagi kesehatan tubuh. Sayuran memang sangat baik untuk kesehatan Anda. Sayuran merupakan makanan rendah kalori, tetapi tinggi vitamin, mineral, dan serat. Lalu, apa saja jenis sayuran paling menyehatkan? Berikut ini ulasannya.

jenis sayuran paling menyehatkan
Foto: Pixabay
  1. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang menyehatkan. Tumbuh dengan subur di daratan Indonesia dan dapat dengan mudah didapatkan di pasar tradisional ataupun modern dengan harga sangat terjangkau. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi ditambah dengan vitamin K yang cukup, membuat bayam menjadi salah satu sumber vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Bayam juga kaya akan anti-oksidan yang membantu tubuh terhidar dari penyakit kronis. Kandungan betakaroten dan lutein adalah jenis anti-oksidan pada bayam yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada bayam baik untuk penderita anemia, ibu hamil, serta baik juga untuk kesehatan tulang dan gigi.


Loading...
  1. Wortel

Kandungan nutrisi pada wortel di antaranya kaya vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalium. Kandungan anti-oksidan yang tinggi bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker prostat dan paru-paru.

  1. Brokoli

Dalam brokoli terdapat kandungan senyawa sulforaphane yang sangat bermanfaat untuk mencegah perumbuhan kanker. Dengan rutin makan brokoli, juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit kronis dan melindungi diri dari stres oksidatif.

  1. Kubis brussel

Brussels kecambah mengandung anti-oksidan yang disebut kaempferol, yang dapat melindungi terhadap kerusakan oksidatif sel dan mencegah penyakit kronis. Mereka juga dapat membantu meningkatkan detoksifikasi dalam tubuh.

  1. Kale

Kale tinggi dalam vitamin A, C, dan K, serta anti-oksidan. Studi menunjukkan bahwa minum jus kangkung dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol LDL sambil meningkatkan kolesterol HDL.

  1. Asparagus
Baca Juga:  Cara Mudah Olah Tanah untuk Budidaya Selada Keriting

Asparagus terutama tinggi folat, yang dapat membantu mencegah cacat kelahiran neural tube. Studi pada bayi tabung juga menemukan bahwa asparagus dapat mendukung fungsi hati dan mengurangi risiko toksisitas.

  1. Kubis merah

Kubis merah mengandung serat, vitamin C, dan anthocyanin. Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol darah, mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko jantung dan kerusakan hati.

Loading...
Loading...