Daftar Menu Pakan Pleci Menjelang Kontes

Pertanianku — Burung pleci yang akan melenggang ke arena kontes harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari mental hingga kebutuhan nutrisinya. Pakan menjadi salah satu bagian penting yang dapat memengaruhi penampilan selama di kontes. Itu sebabnya Anda perlu memperhatikan menu pakan burung pleci sebelum mengikuti kontes.

pakan burung pleci
Foto: Pixabay

Umumnya, burung pleci yang akan mengikuti kontes disediakan menu pakan khusus selama 1 minggu sebelum kontes. Berikut ini susunan menu pakan pleci menjelang kontes.

Hari pertama

Pada pagi hari pukul 04:00–06:00 burung diembunkan di luar dan diberi ulat hongkong tiga ekor dan pisang, kemudian burung diangin-anginkan di teras. Setelah itu, pada pukul 07:30–09:30 burung dijemur sambil diangin-anginkan bersama dengan pleci lain sekaligus dimaster, yaitu didengarkan bunyi-bunyi atau suara burung lain. Pada sore harinya, pukul 16:00, pleci diberikan ulat hongkong tiga ekor, lalu dikerodong.

Hari kedua

Perlakuan yang diberikan pada hari kedua sama seperti perlakuan hari pertama, tetapi pleci ditambah dengan pisang dan olesan madu.

Hari ketiga

Pada pukul 04:00–06:00 burung diembunkan di luar dan diberi ulat hongkong sebanyak tiga ekor, lalu diangin-anginkan di teras. Selanjutnya, pukul 07:30–09:30 burung kembali diangin-anginkan dan dijemur di teras bersama pleci yang lain sekaligus dimaster. Pada sore hari, pukul 16:00, burung diberikan pakan ulat hongkong tiga ekor lalu dikerodong.

Hari keempat

Pukul 04:00–06:00 burung diembunkan dan diberikan ulat hongkong sebanyak tiga ekor serta buah apel, kemudian burung diangin-anginkan di teras. Pada pukul 07:30–09:30 burung kembali diangin-anginkan lagi sambil dijemur di teras bersama dengan pleci lain sekaligus dimaster.

Pada sore hari, pukul 16:00, burung diberikan pakan ulat hongkong tiga ekor lalu dikerodong. Selanjutnya, pukul 18:30 burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup, kemudian diangin-anginkan di tempat yang terang (usahakan jangan sampai pleci tertidur). Setelah kering, pleci dapat diberikan kroto sebanyak 2 sendok teh lalu dikerodong.

Baca Juga:  Waktu yang Tepat untuk Menutup Sangkar Burung Kenari dengan Kain

Hari kelima dan keenam

Perlakuan pada hari kelima dan keenam hampir sama seperti perlakuan hari ketempat, tetapi jumlah ulat hongkong yang diberikan sebanyak 5–7 ekor dan buah apel diganti dengan pisang.

Hari ketujuh

Menjelang kontes, pada pukul 04:00–07:30 burung diembunkan dan diberi ulat hongkong sebanyak 5–7 ekor dan pisang. Setelah itu, burung diembun-embunkan di teras lalu dikerodong. Burung sudah bisa dibawa ke arena kontes.